Ini 5 Fakta Menarik Pohon Tabebuya, Pohon Berbunga Cantik yang Mirip Sakura

Ilustrasi: Pohon tabebuya yang sedang berbunga
Ilustrasi: Pohon tabebuya yang sedang berbunga

Gemapos.ID (Jakarta) - Pernah mendengar pohon tabebuya? Beberapa tahun belakangan ini, pohon tabebuya sedang ramai dibicarakan karena pohon ini sangat mirip dengan pohon sakura dan tumbuh bermekaran di kota Surabaya, Indonesia.

Keindahan pohon tabebuya ini pun membuat suasana di kota Surabaya jadi seperti di Jepang. Oleh karena itu, tidak heran banyak turis dari luar kota yang rela pergi ke Surabaya hanya untuk merasakan sensasi berlibur layaknya di negara sakura. 

Meski demikian, apakah kamu sudah tahu fakta-fakta unik dari pohon tabebuya? Kalau belum, langsung saja simak ulasan dari Kania di bawah ini, yuk!

1. Asal Pohon Tabebuya

Menurutmu, dari mana asal-muasal pohon tabebuya? Mungkin beberapa dari kamu mengira bahwa pohon ini berasal dari Indonesia karena tumbuh di Surabaya. Akan tetapi, sebenarnya pohon tabebuya ini berasal dari negara Brasil, lho! Oleh karena itu, saat kamu pergi ke hutan Amazon, jangan heran jika menemukan pohon tabebuya karena asalnya memang dari sana.

Pohon tabebuya sendiri termasuk kategori pohon besar karena tingginya bisa mencapai lebih dari empat meter. Selain itu, pohon tabebuya juga dapat bertumbuh dengan baik di wilayah tropis maupun sub tropis.

2. Pohon Tabebuya Punya Banyak Jenis dan Warna

Pohon tabebuya memiliki kurang lebih 25 jenis asli dan 100 jenis variasi. Meski demikian, bentuk bunga dari setiap jenis pohon tabebuya biasanya sangat mirip.

Karena pohon tabebuya memiliki banyak jenis, maka warna bunganya pun sangat beragam. Setidaknya ada enam warna yang dihasilkan dari bunga tabebuya, tergantung dari jenisnya. 

Beberapa di antaranya adalah warna merah muda atau pink, putih, kuning, magenta, oranye, dan merah. Biasanya, bunga-bunga pada pohon tabebuya akan bermekaran di bulan September sampai November.

3. Ragam Sebutan untuk Pohon Tabebuya

Tak hanya punya banyak jenis dan warna, pohon tabebuya juga memiliki sebutan yang bervariasi, lho! Ini juga bergantung pada masing-masing jenisnya. Pohon tabebuya yang bisa kamu temukan di Surabaya disebut sebagai pohon terompet merah muda karena bentuknya yang memang menyerupai terompet.

Sementara untuk jenis pohon tabebuya lainnya, ada yang disebut dengan nama kayu putih, cedar putih, manjack merah muda, dan tecoma. 

4. Pohon Tabebuya Cepat Tumbuh

Fakta unik dari pohon tabebuya selanjutnya adalah dapat tumbuh dalam waktu yang cukup singkat. Akan tetapi, tentu hal ini harus diikuti juga dengan pemeliharaan dan perawatan tanaman secara rutin, ya!

Selain cepat tumbuh, pohon tabebuya juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang baik. Hal ini karena pohon tabebuya tahan terhadap cuaca yang kering maupun lembap.

5. Pohon Tabebuya Punya Banyak Manfaat

Tidak hanya cantik, banyak warna, dan cepat tumbuh, pohon tabebuya juga memiliki banyak manfaat yang nggak kalah menarik, lho! Setidaknya ada tiga manfaat pohon tabebuya yang bisa kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Pohon Tabebuya Bisa Mengobati Penyakit

Kamu bisa mengolah bunganya menjadi teh herbal yang biasanya disebut juga sebagai teh lapacho. Teh ini sangat kaya akan vitamin dan mineral. Nah, khasiat dari teh lapacho ini dapat mengobati berbagai penyakit, mulai dari flu, demam, hingga untuk masalah pankreas.

  • Pohon Tabebuya Bisa Dijadikan Pupuk

Cara membuatnya tidak sulit lho! Kamu hanya perlu mengumpulkan bunga pohon tabebuya yang sudah jatuh ke tanah, kemudian diamkan beberapa hari sampai akhirnya membusuk. Jika sudah, kamu bisa langsung menggunakannya untuk menyuburkan tanamanmu.

  • Pohon Tabebuya untuk Bahan Furnitur

Tak hanya bunganya saja yang bermanfaat, batang pohon tabebuya pun bisa kamu gunakan sebagai bahan furnitur, seperti lemari, kursi, kerangka sofa, atau meja. Bahkan, ada juga yang memanfaatkan kayu pohon tabebuya sebagai material lantai, lho! Tak perlu khawatir dengan kualitasnya karena kayu dari pohon tabebuya ini tergolong kuat.

Nah, itulah fakta-fakta menarik tentang pohon tabebuya, semoga bermanfaat!(ar)