Pemerintah Batasi Perjalanan Transportasi Massal
KAI menerapkan langkah tersebut bagi perorangan dan rombongan dengan cara melampirkan identitas dan bukti pembelian tiket di stasiun. Bagi calon penumpang yang membeli tiket melalui aplikasi KAI Access, maka proses pembatalan dapat melalui aplikasi tersebut, jadi tidak perlu datang langsung ke loket stasiun KA jarak jauh Pembatalan tiket yang dibeli secara rombongan dapat dilakukan dengan melengkapi persyaratan administrasi yakni surat permohonan pembatalan yang dilengkapi nomor rekening pemohon untuk pengembalian uang muka. Kemudian, melampirkan berita acara kesepakatan yang ditandatangani pemohon angkutan rombongan dan pihak KAI. Selanjutnya, pemohon angkutan rombongan menyerahkan bukti setor uang muka yang sudah dibayarkan. Berikutnya, khusus rombongan tiket yang belum tercetak dan akan melakukan perubahan jadwal diberikan kesempatan satu kali dalam rentang waktu 90 hari dari perjalanan yang dibatalkan. Namun itu dapat dolakukan selama tempat duduk masih tersedia. (mam)