Ketua DPRD DKI Sebut Uang Rp560 M Sebagai Fee FEO

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut anggaran sebesar Rp 560 miliar untuk Formula E yang bersumber dari APBD DKI bukan untuk dinikmati warga Jakarta, melainkan lari ke luar negeri.

Ia menjelasakan uang itu digunakan untuk membayar commitment fee ke Formula E Operation (FEO) yang bermarkas di Inggris. Hal itu ia sampaikan melalui keterangan tertulis, kemarin (8/2/2022).

Prasetyo mengatakan anggaran itu berpotensi digunakan untuk satu kali balapan Formula E. Sebab, kepala daerah yang menggantikan Gubernur DKI Anies Baswedan tak berkewajiban melanjutkan programnya.

Selain itu, ia juga menyinggung soal besaran commitment fee di Jakarta merupakan yang paling besar dibandingkan negara-negara lain. Ia mencontohkan, penyelenggaraan Formula E di Montreal, Kanada, hanya dikenakan biaya nomination fees for the City of Montreal senilai Rp 1,7 miliar dan Race fees senilai Rp 17 miliar, dengan total biaya sebesar Rp 18,7 miliar

Sementara itu, diketahui bahwa kritik Prasetyo ini merujuk pada pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memastikan anggaran yang dikeluarkan untuk turnamen Formula E akan dinikmati warga Jakarta. Turnamen tersebut akan digelar di Ibu Kota, tepatnya di Kawasan Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022 mendatang.(gmp/ri)