Indonesia Abaikan Nasihat Ki Hadjar Dewantara
Kebijakan pendidikan juga hanya menimbulkan kegaduhan lantaran penyusunan peta jalan pendidikan yang pragmatis. Apalagi, itu tidak mencerminkan tentang pandangan sebagai bangsa yang mengantisipasi pendidikan masa depan. Pemerintah harys memberikan perhatian sangat minim kepada guru terutama guru yang mengajar di tempat tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Mereka belum memperoleh kesejahteraan dan kualitas guru. Unifah mengungkapkan persoalan pendidikan semakin serius dan dilematis saat pandemi Covid-19 seperti penutupan sekolah yang berlangsung lebih lama. Kejadian ini berakibat learning loss, meskipun ini guna mengutamakan keselamatan, kesehatan pendidik dan peserta didik. “PGRI berharap agar pemerintah, pemerintah daerah sangat serius menyiapkan secara hati-hati PTM demi keselamatan dan keamanan peserta didik, pendidik, orang tua, dan masyarakat,” ujarnya.