Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Dubes Iran Sebut Upayakan Penerbangan Langsung Jakarta-Teheran

Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi. (Foto: Gemapos)
Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi. (Foto: Gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi menyebut pihaknya sedang mengupayakan izin untuk rute penerbangan langsung dari Indonesia ke Teheran. Dia menjelaskan bahwa ketiadaan penerbangan langsung menjadi salah satu hambatan dalam kerjasama pariwisata antar kedua negara.

"Hambatan berikutnya yang mungkin dialami oleh kedua negara adalah tiadanya penerbangan langsung antara Iran dan Indonesia," ungkapnya dalam acara Iran Tourism Roadshow - South East Asia 2024 yang digelar di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Mohammad kemudian mengungkap pihaknya sedang berkordinasi dengan beberapa kementerian untuk mengupayakan izizn penerbangan langsung antara Indonesia dan Iran. 

"Bekerjasama dekat dengan pemerintah Indonesia dan berbagai stakeholder antara lain Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Perhubungan, dan yang lainnya. Kami sedang memfinalisasi langkah administrasi untuk memperbolehkan izin penerbangan langsung antara Iran dan Indonesia," paparnya.

"Kedepan akan ada rute dari Teheran ke Jakarta dan Teheran ke Denpasar Bali. Ini merupakan sebuah berita baik bagi pelaku industri pariwisata kedua negara," imbuhnya.

Sebagai informasi kegiatan Iran Tourism Roadshow - South East Asia 2024 merupakan bentuk promosi pariwisata negara Iran kepada negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kegiatannya di Indonesia bekerjasama dengan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA).

Pada kesempatan tersebut awalnya Mohammad Boroujerdi juga menyinggung soal kemudahan dalam sektor pariwisata berkaitan dengan visa yang sering menjadi hambatan administrasi dalam kunjungan atau wisata antar negara.  

"Salah satu hambatan (dalam kerjasama pariwsata) apabila diselesaikan, maka akan menjadi faktor yang mempermudah arus berpergian masyarakat kedua negara adalah soal kemudahan di sektor visa," ujarnya saat memberi sambutan dalam acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, dia mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah memempermudah masyarakat Iran dalam memperoleh visa kunjungan. Duta Besar juga mengungkap bahwa mereka bahkan menerapkan kebijakan tanpa visa untuk warga Indonesia yang berkunjung ke negara Iran.

"Kami melakukan komunikasi dengan kementerian terkait dan lembaga terkait di Indonesia. Hasilnya adalah sekarang visa bagi warga negara Iran yang melakukan kunjungan ke Indonesia dapat diperoleh secara online dan dipermudah oleh pemerintah Indonesia untuk para wisatawan dari Iran," paparnya

"Begitu juga berkaitan dengan kami dari pemerintah Iran mengambil kebijakan no visa atau tidak mememerlukan visa bagi masyarakat, atau warga negara Indonesia yang melakukan kunjungan ke Iran," imbuh Mohammad. (ns)