Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Lomba Binsat, Danpaspampres: Memelihara Fisik dan Mental Prajurit

Peserta lomba Binsat antar satuan Paspampres cabang renang militer. (gemapos/Sintel Paspampres)
Peserta lomba Binsat antar satuan Paspampres cabang renang militer. (gemapos/Sintel Paspampres)

Gemapos.ID (Jakarta) - Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Achiruddin diwakili Wadanpaspampres Marsma TNI Solihin secara resmi membuka Lomba Binsat antar satuan Paspampres di Lapangan Hitam Mako Paspampres Jalan Tanah Abang 2 Jakarta Pusat Senin (1/7/2024).

Dalam keterangan resmi Sintel Paspampres kepada gemapos.id, Kamis (4/7/2024), rangkaian lomba binsat itu bakal digelar selama 7 hari, yaitu mulai tanggal 1-9 Juli 2024. 

"Tujuan utama dari perlombaan antar Satuan adalah untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan fisik dan mental Prajurit Paspampres sehingga selalu siap operasional dalam menghadapi dinamika tugas operasi pengamanan VVIP yang dilaksanakan sepanjang tahun," kata Wadanpaspampres menyampaikan pidato Danpaspamres Achiruddin.

Adapun materi lomba yang dilaksanakan oleh tiap satuan di Paspampres terdiri dari Tes Kesemaptaan Jasmani, Renang Militer, Menembak Pistol dan Speed Mars.

Seluruh Satuan di Paspampres yang terlibat pada lomba Pembinaan Satuan menyiapkan Prajuritnya secara maksimal dengan melakukan latihan secara intensif memanfaatkan waktu dengan efektif disela tingginya intensitas penugasan operasi Pengamanan VVIP.  

Selain itu Lomba Pembinaan Satuan merupakan suatu metode atau sarana untuk tolak ukur bagi para Komandan Satuan di lingkungan Paspampres untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pelaksanaan pembinaan satuan dihadapkan dengan waktu yang terbatas karena  pelaksanaan Operasi Pengamanan VVIP dilaksanakan sepanjang tahun,

"Disini dituntut kreatifitas Komandan Satuan serta semangat para Prajuritnya untuk menyiapkan serta mengikuti rangkaian kegiatan Lomba Pembinaan Satuan," ujar Danpaspampres Mayjen TNI Achiruddin.

Dengan semboyan "Kuatkan mental sekeras baja, Prajurit Paspampres penuh semangat dalam berlomba". Seluruh rangkaian perlombaan diikuti oleh seluruh Prajurit Paspampres dengan penuh semangat dalam berkompetisi.

Mendampingi membuka acara, hadir juga Ir Paspampres, Para Asisten Danpaspampres dan Dansat Jajaran Paspampres.