Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Mengenal Manfaat Buah Timun Suri Bagi Kesehatan

Ilustrasi- Timun Suri famili labu-labuan (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Timun Suri famili labu-labuan (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta) - Timun suri merupakan salah satu bagian dari tanaman labu-labuan (cucurbitaceae), dengan nama latin cucumis melo L var reticulatus naudin, tahukah kamu? Buah timun suri ini sangat popular pada saat bulan puasa, karena disajikan sebagai es buah untuk menu buka puasa. 

Buah ini memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuning-kuningan. Tekstur dagingnya cenderung lembut serta mengandung banyak air, tidak hanya itu ternyata buah ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan risiko anemia.

Penasaran manfaatnya apa saja? Yuk simak artikel berikut:

Manfaat Timun Suri

  • Menurunkan risiko anemia: Timun suri memiliki yang kaya zat besi secara tidak langsung dapat membantu menurunkan risiko anemia.
  • Membantu menurunkan berat badan: Timun suri kaya akan serat sehingga dapat menjaga berat badan atau mengontrol berat badan.
  • Membantu melegakan tenggorokan: Timun suri dapat melegakan tenggorokan sekaligus mengurangi bahaya penyakit radang tenggorokan yang rentang terjadi ketika bulan puasa.
  • Sumber antioksudan: Buah ini juga kaya akan vitamin c, lignan, flavonoid, dan beta karoten yang berperan sebagai zat anti-inflamasi. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam journal of young pharmacist mengungkapkan, buah yang termasuk dalam golongan cucurbitaceae termasuk timun suri memiliki kandungan antioksidan yang memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengontrol tekanan darah: Buah ini memiliki kemampuan mengontrol tekanan darah berkat kandungan potasium dalam jumlah yang baik di dalamnya. Potasium membantu mengontrol saraf, pembuluh darah, dan kontraksi otot yang selanjutnya memengaruhi tekanan darah. 
  • Mengontrol kolesterol: Kandungan serat yang tinggi pada timun suri sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol. Seratnya mampu membuang racun dan langsung membawa kolesterol jahat dalam darah. 
  • Baik untuk kesehatan kulit: Manfaat timun suri juga bisa dirasakan pada kulit. Timun suri bisa digunakan sebagai masker wajah alami untuk menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda. 

Kandungan Zat Gizi Timun Suri

Tips Tambahan

  • Sebelum mengolah timun suri, cuci sampai bersih 
  • Kupas timun suri dan potong sesuai selera
  • Jika diolah menjadi es buah, hindari pengunaan gula yang berlebihan

Selain enak ternyata timun suri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, untuk itu konsumsilah timun suri dan dapatkan manfatnya. (dm)