Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Buah Kesemek dengan Segudang Manfaat dan Tips untuk Mengolahnya

Buah Kesemek famili Rosaceae (Diospyros kaki) (foto:gemapos.id/istock)
Buah Kesemek famili Rosaceae (Diospyros kaki) (foto:gemapos.id/istock)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pernah mendengar buah kesemek? Buah kesemek berasal dari keluarga Rosaceae, nama latin yaitu Diospyros kaki atau dikenal sebagai buah kaki dalam bahasa Jepang dan diambil dari nama zat tanin yang dihasilkan buah kesemek.

Buah Kesemek memiliki bentuk bulat dan memiliki kulit tipis yang dapat dimakan, pada umumnya kesemek memiliki warna kulit oranye atau kuning dengan daging buah yang manis dan lembut. Tapi tahukah kamu? Tak cuma manis dan lembut, ternyata buah ini berasal dari Jepang dan China loh, dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Penasaran manfaatnya apa saja? Yuk simak artikel berikut:

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

  • Menjaga kesehatan jantung: Kandungan serat dalam kesemek berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, dimana serat ini mampu menjerat lemak pemicu kolesterol, yang jika tidak dihilangkan, kolesterol bisa menghambat aliran darah dan memicu penyakit jantung.
  • Buah kesemek dapat mencegah obesitas: Kesemek punya sifat antiradang untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes. Efek ini bersumber dari kandungan vitamin C. Senyawa tersebut membantu melindungi sel dari kerusakan karena radikal bebas.
  • Menjaga kesehatan mata: Buah kesemek kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin, kedua kandungan ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata, menajamkan penglihatan dan mencegah berbagai penyakit mata salah satunya degenerasi macula.
  • Mengurangi risiko terkena penyakit kanker: Bukan hanya mengurangi peradangan, antioksidan juga berperan dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Dengan adanya kandungan antioksidan beta karoten di dalam buah kesemek, diyakini dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker usus besar.
  • Meningkatkan kesehatan otak: selain kandungan yang sudah disebutkan tadi, ternyata buah kesemek juga mengandung fisetin yang bermanfaat untuk kesehatan otak, dimana ini dapat mampu meningkatkan memori jangka panjang, mencegah disfungsi saraf, dan mencegah penurunan fungsi kognitif akibat pertambahan usia dan terakhir fisetin juga mampu mencegah kerusakan otak akibat stroke iskemik, senyawa ini juga mampu meningkatkan kadar serotonin yang memberikan efek antidepresan.

Kandungan Nutrisi Buah Kesemek

Tips mengolah Buah Kesemek

  • Tambahkan kesemek kering ke roti, kue, dan makanan panggang lainnya.
  • Campurkan kesemek segar dalam salad, acar, atau saus.
  • Haluskan daging kesemek dan tambahkan ke yogurt atau es krim.
  • Tambahkan kesemek kering atau segar sebagai taburan pada sereal, muesli, atau granola. 

Itulah berbagai manfaat buah kesemek yang perlu kamu ketahui dan cara mengolahnya. Selain itu buah kesemek juga mengandung berbagai jenis vitamin, yaitu vitamin A sebanyak 32 persen dari angka kecukupan gizi harian (AKG), vitamin B6: 14 persen dari AKG, dan vitamin C: 80 persen dari AKG. (dm)