Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Soroti Serangan Siber Berulang, Politisi PDIP: Kecelakaan Atau Kebodohan Nasional?

Gemapos.ID (Jakarta) - Politisi Fraksi PDIP, TB Hasanuddin mengkritik keras Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atas kejadian serangan siber ransomware terhadap Pusat Data Nasional (PDN).

Ia heran dengan terus berulangnya peristiwa kebocoran data dan peretasan sistem yang terus terjadi. Hal itu diungkapkannya dalam Rapat Kerja Komisi I dengan Menkominfo dan Kepala BSSN di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (27/06/2024).

“Ini sebetulnya kecelakaan atau kebodohan nasional ya? Karena apa?  Prihatin. Kita sudah hampir lima tahun bekerja sama terutama dengan mitra BSSN, dan BSSN selalu melaporkan ada serangan tetapi tidak ada tindakan yang lebih komprehensif,” ujar Hasanuddin yang juga Anggota Komisi I DPR RI itu, dikutip pada laman DPR RI, Jumat (28/6/2024).

TB Hasanuddin membacakan ada 26 laporan dari lanskap keamanan siber Indonesia tahun 2023 kepada DPR RI terdapat 1.101.229 insiden. Ia pun mempertanyakan kinerja pemerintah dalam menanggulangi serangan siber.

“Tetapi terus-terus saja begitu. Apakah kita hanya akan melaporkan insiden itu atau melakukan upaya-upaya supaya insiden itu tidak terjadi,” tegasnya.

Selain itu, Ia juga mempertanyakan mengenai tindakan forensik digital yang telah dilakukan untuk menemukan pelaku peretasan PDN ini.

“Sekarang kan (data) kita dikunci, kodenya di mereka, kita diminta menebus, kan tidak mungkin. Sekarang ini saya mohon terbuka ini seperti apa forensik digital yang dilakukan? Saya mau tahu,” tuturnya. (ns)