Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Disambut Kim Jong Un, Putin Tiba di Korut

Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un di Pyongyang, Rabu (19/6/2024). (Foto: Gemapos/ Reuters)
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un di Pyongyang, Rabu (19/6/2024). (Foto: Gemapos/ Reuters)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Pyongyang pada Rabu (19/5) dini hari waktu setempat untuk melakukan kunjungan kenegaraan seperti rencana yang diungkap beberapa hari lalu. Putin disambut langsung oleh tertinggi Korea Utara (korut) Kim Jong Un.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (19/6) Kim langsung memeluk Putin saat menyambut kedatangannya. Kedua pemimpin kemudian saling berbagi "pikiran secara mendalam" dan sepakat mengembangkan hubungan kedua negara.

Sebagi informasi, Putin sedang melakukan perjalanan pertamanya dalam 24 tahun terakhir ke ibu kota Korut. Kunjungan ini kemungkinan akan mengubah hubungan Rusia dan Korut yang terjalin selama bertahun-tahun, saat kedua negara sama-sama menghadapi isolasi internasional.

Laporan kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), menyebut kemitraan kedua negara bagaikan "mesin yang mempercepat pembangunan dunia multi-kutub baru". Disebutkan KCNA bahwa kunjungan Putin menunjukkan persahabatan dan persatuan kedua negara yang tidak terkalahkan dan kokoh.

"Melewati jalan-jalan Pyongyang yang terang benderang pada malam hari, para pemimpin tertinggi saling bertukar pikiran secara mendalam dan membuka pikiran mereka untuk lebih mengembangkan hubungan DPRK-Rusia," sebut KCNA menggunakan nama resmi Korut, Republik Demokratik Rakyat Korea.

Agenda Putin di Pyongyang pada Rabu (19/6) waktu setempat mencakup diskusi tatap muka dengan Kim Jong Un, kemudian menghadiri konser gala, jamuan kenegaraan, menerima sambutan pengawal kehormatan, penandatanganan dokumen dan menyampaikan pernyataan kepada media. (ns)