Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Menkominfo Dorong Pendidikan Tinggi Adopsi Inovasi Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto:Gemapos/Kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto:Gemapos/Kominfo)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mendorong dunia pendidikan tinggi segera mengadopsi berbagai inovasi dan perkembangan teknologi digital. Hal itu disampaikan Budi Arie dalam Orasi Ilmiah Prosesi Wisuda ke-X Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) di Gedung Sasono Langeng Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (15/06/2024).

“Dunia pendidikan khususnya dan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia juga bisa secepatnya dan segera melakukan adopsi terhadap berbagai perkembangan yang terjadi di masa depan," ujarnya seperti dikutip dalam rilis resmi Kominfo, dikutip Minggu (16/6/2024).

Budi Arie menyatakan dalam lima tahun ke depan, terdapat tiga profesi teratas yang akan makin dibutuhkan untuk menghadapi laju transformasi digital, yaitu Spesialis Artficial Intelligence (AI) dan Machine Learning, Robotics Engineers, dan Arsitek Database.

"Keterampilan digital menduduki peringkat ketiga sebagai salah satu jenis keterampilan yang paling diminati di dunia. Sebanyak 65% pekerjaan mengharuskan para pekerja untuk memiliki keterampilan di bidang AI," jelasnya.

Menurut Menkominfo, ada beberapa tantangan dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan guna menyokong transformasi digital.

"Jika tantangan ini tidak terselesaikan, akan ada 85 juta pekerjaan yang tidak terisi pada tahun 2030," tandasnya.

Oleh karena itu, Budi Arie mendorong dunia pendidikan mengembangkan tiga kompetensi utama atau digital triathletes.

"Pertama, digital strategist yang mampu merespons tren pasar, kedua digital innovator yang dapat mendorong inovasi berbasis data. Ketiga digital driver yang memiliki kemampuan untuk memulai kolaborasi strategis dengan ketangkasan yang kuat," tuturnya.(ns)