Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Jenis-Jenis Buah Berry Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ilustrasi-Buah berry (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi-Buah berry (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta) - Tanaman berry merupakan sejenis tanaman dengan bentuk buah kecil dan manis, kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah berry terdiri dari beberapa jenis, ada yang berwarna merah, ungu, biru, hitam, dll. Tapi tahukah kamu? selain stawberry dan rasberry ternyata masih ada beragam jenis berry yang belum banyak orang ketahui.  Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini.

Jenis-jenis buah berry dan manfaatnya 

  • Blueberry: Jenis buah ini memiliki warna biru yang cantik dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2, mengurangi tekanan darah, serta meningkatkan daya ingat. 
  • Blackberry: Kaya akan antioksidan antosianin, sumber vitamin C, serat dan mangan yang baik. Mengandung zat polifenol yang mampu mangatasi peradangan penyakit jantung dan kanker. Tak hanya itu, blackberry juga dapat membantu usus kecil dalam memecah gula dengan lebih baik sehingga bisa menurunkan resiko diabetes.
  • Goji Berry: Berasal dari Tiongkok, kaya akan kandungan vitamin A dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata, selain itu jenis berry ini mengandung antioksidan/fitonutrien termasuk karotenoid dan flavonoid. Manfaatnya bagi kesehatan diantaranya memberikan perasaan tenang, membantu tidur lebih nyenyak, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Cranberry: Jenis berry ini mengandung senyawa proanthocyanidin yang sudah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti kanker, selain itu cranberry juga mengandung antioksidan polifenol dan kaya akan vitamin C. Manfaat lainnya adalah dapat mencegah infeksi saluran kemih (ISK), mencegah infeksi bakteri H.pylori yang menjadi penyebab radang lambung dan kanker lambung, mengurangi kolesterol, tekanan darah, dan stres oksidatif.
  • Raspberry: Jenis ini banyak mengandung polifenol antioksidan yang bernama ellagitannis yang bisa membantu mengurangi stres oksidatif. Tidak hanya itu, ini juga dapat membantu melawan berbagai jenis kanker dan melindungi otak.
  • Acai Berry: Berasal dari hutan hujan Amerika Selatan, mengandung serat, lemak sehat, dan vitamin A dan C yang baik. Acai berry bermanfaat untuk membantu mengurangi kolestrol, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya ingat, dan mencegah osteoarthritis. 
  • Bilberry: Jenis ini hampir sama dengan blueberry, bilberry berasal dari Eropa. Berry ini mengandung bahan kimia yang bernama tanin yang mampu mengurangi pembengkakan, menurunkan kadar gula dan kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Strawberry: Jenis berry ini mempunyai rasa asam dan manis. Kaya akan vitamin C, asam folat, serat dan antioksidan. Manfaatnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, membantu mengelola gula darah, serta memperlambat penuaan otak. 

Tips memilih dan mengonsumsi berry

  • Pilihlah buah berry yang segar dan berwarna cerah
  • Cuci buah berry dengan air bersih sebelum dimakan
  • Buah berry dapat dimakan segar, dicampur dalam yogurt, smoothie, atau salad
  • Buah berry juga dapat dibekukan untuk dinikmati. 

Itulah beberapa jenis buah berry yang sangat jarang terdengar di keseharian kita, dan ternyata selain mempunyai rasa yang manis terdapat juga segudang manfaat di dalamnya. (dm)