Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Menkominfo Dorong Media Jembatani AI Pro Manusia dan Kemanusiaan

Menkominfo Budi Arie Setiadi (kiri) memberikan sambutan dalam Peringatan Ulang Tahun ke-10 IDN Times di Gedung IDN Media HQ, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024). (foto: gemapos/Kominfo)
Menkominfo Budi Arie Setiadi (kiri) memberikan sambutan dalam Peringatan Ulang Tahun ke-10 IDN Times di Gedung IDN Media HQ, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024). (foto: gemapos/Kominfo)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menekankan pengembangan AI yang agar berpusat pada manusia dan kemanusiaan. Hal itu disampaikan dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-10 IDN Times: Explore IDN Times di IDN Media HQ Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

“Minggu lalu saya baru dari Swiss. Kita sama-sama mengkampanyekan AI yang Pro People and humanity, pro manusia dan kemanusiaan," tuturnya seperti dalam rilis resmi Kominfo dikutip Jumat (76/2024).

Kampanye AI yang berpusat pada manusia dan kemanusiaan merupakan inisiatif untuk mendorong pemanfaatan dan pengembangan teknologi AI yang mempertimbangkan kesejahteraan manusia, nilai-nilai kemanusiaan, dan hak asasi manusia. 

Budi Arie mengajak media, termasuk IDN Times untuk mengdopsi teknologi AI untuk meningkatkan produktivitas.

"Karena ini eranya AI, Artificial Inteligence. Di era digitalisasi saat ini, media harus mampu menjawab tantangan yang ada,” tandasnya 

Menurut Menkominfo, saat ini penerapan teknologi AI mampu membawa dampak perubahan yang begitu besar terhadap berbagai sendi kehidupan manusia. Selain adopsi teknologi AI, media juga memiliki peran untuk mendidik masyarakat dalam memanfaatkan AI dengan optimal.

“Di era digital, media harus mampu menjawab tantangan dan peluang baru, serta memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Budi Arie menyatakan media juga harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi baik saat ini maupun di masa mendatang. 

"Selamat ulang tahun ke-10 untuk IDN. Saya berharap di usia 10 tahun, IDN Time lebih progresif, lebih visioner dan juga lebih bisa bertahan terhadap perkembangan zaman," ungkapnya.

Dalam acara itu hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Founder dan CEO IDN Media Winston Utomo. (ns)