Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Bakal Dipanggil KPK, Hasto: Saya Akan Datang

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (gemapos/gesuri.id)
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (gemapos/gesuri.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan diri hadir jika dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi terkait kasus dugaan suap Harun Masiku. Hasto mengatakan hal tersebut sebagai bentuk menghargai supremasi hukum.

Hal itu ditegaskan Hasto dihadapan wartawan di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

“Ya, kami ini, kan, Partai yang sah menurut hukum, Partai yang terus membangun supremasi hukum, meskipun dengan pemilu kemarin, supremasi hukum ini menghadapi suatu tantangan yang sangat serius. Saya akan datang, dengan tanggung jawab sebagai warga negara, siap memenuhi panggilan,” tegas Hasto seperti dikutip Gesuri.id, Jumat (7/6/2024).

Hasto kemudian menyinggung soal KPK lahir di era kepemimpinan Presiden ke-5 RI, yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Karena Hal tersebut, dirinya menyatakan pasti siap menghadiri panggilan KPK.

“Apalagi KPK ini didirikan oleh Bu Megawati, kualat saya kalo ga hadir, maka saya akan hadir,” tegas Politikus asal Yogyakarta ini. 

Kendati begitu, hingga Kamis (6/6) Hasto mengaku hingga saat ini belum menerima undangan tersebut. 

“Belum, tetapi kalau dapat informasi dari media nanti Senin saya kosongin untuk hadir di panggilan itu,” ujarnya.

Soal adanya anggapan politisasi hukum karena secara bertubi-tubi dipanggil aparat penegak hukum, setelah dipanggil Polda Metro Jaya pada Selasa lalu (4/6), kini akan dipanggil KPK, Hasto tak menampik hal tersebut. 

“Ya ada yang mengatakan kepada saya itu double pressure, karena ketika saya dipanggil di Polda, saya itu juga diumumkan panggilan KPK. Tetapi bagi saya itu bukan double pressure, bagi saya itu tanggung jawab sebagai warga negara yang harus saya wujudkan sebagai konsistensi taat hukum,” tuturnya. 

“Yang panggil Polda saya datang, yang manggil KPK saya datang,” tegas Hasto.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memanggil Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Hasto nantinya akan keterangan terkait perkara buronan Harun Masiku. 

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengatakan Hasto dijadwalkan bakal diperiksa pekan depan. 

“Informasi dari teman teman penyidik, yang bersangkutan dimungkinkan di minggu depan akan dipanggilnya ya,” kata Ali Fikri di KPK, Kuningan, Jakarta Selasa (4/6/2024). (ns)