Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Bapanas Bakal Impor 50 Ribu Ton Sapi, DPR: Maksimalkan Dalam Negeri Dulu

Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin saat bertukar cenderamata usai memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi IV ke Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/6/2024). (gemapos/DPR RI)
Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin saat bertukar cenderamata usai memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi IV ke Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/6/2024). (gemapos/DPR RI)

Gemapos.ID (Jakarta) -  Badan Pangan Nasional (Bapanas) akan merealisasikan sebanyak 50 ribu ton sapi atau kerbau. Impor tersebut dilakukan menjelang Idul Adha yang jatuh pada 17 Juni tahun 2024.

Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin menilai seharusnya memaksimalkan serapan dalam negeri. Karena selama ini peternak sapi masih banyak mengeluh karena sapinya tidak terbeli.

“Tentu kita berharap bahwa bagaimana memaksimalkan dulu serapan dalam negeri karena selama ini kan ada keluhan para peternak kita bahwa sapinya itu tidak terbeli. Nah momentum bulan suci Idul Adha ini momentum untuk memaksimalkan pembelian dari para peternak kita,” ujarnya seperti dalam rilis resmi DPR RI dikutip di Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Ia berharap agar rencana impor ini jangan sampai menekan para peternak rakyat. Karena sapi untuk Iduladha juga harus dipastikan ketentuannya dengan syariat agama.

“Jadi saya kira ditelaah, dikaji dan diberikan penjelasan yang meyakinkan kepada masyarakat bahwa impor ini hanya sebagai penambah, kalau memang stok kita dalam negeri kurang, tapi bukan segala-galanya,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut data Aplikasi Simrek Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) pada akhir Mei 2024 ini masih ada sebanyak 32 ribu ton. Kemudian produksi sapi lokal bulan Juni direncanakan sekitar 135,7 ribu ton. Rencana pemotongan sapi atau kerbau bakalan impor Juni sebesar 6,4 ribu ton, serta rencana impor daging sapi Juni sebanyak 50 ribu ton. Sehingga ketersediaan di bulan Juni 2024 ini sebesar 224 ribu ton. (ns)