Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Survei LKPI: Bobby dan Teguh Jadi Top of Mind Pilgub Sumut 2024

Bobby Nasution dan Teguh Santoso. (gemapos)
Bobby Nasution dan Teguh Santoso. (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terkait peta Preferensi Masyarakat Sumatera Utara jelang Pemilihan Gubernur &  Wakil Gubernur 2024. Survei tersebut dilakukan dari tanggal 20 sampai 31 Mei 2024.

Survey yang dialkukan LKPI itu menyimpulkan top of mind beberapa nama bakal Cagub dengan tingkat keterpilihan tertinggi jika Pilgub dilakukan hari ini.

"Kami mendapati preferensi publik terhadap tokoh-tokoh yang masuk dalam radar metadata LKPI yang berpotensi maju di Pilkada Sumut 2024," kata Direktur Eksekutif LKPI, Togu Lubis dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/6/2024).

Hasilnya, Walikota Medan, Bobby Nasution menjadi kandidat paling banyak dipilih responden dengan persentase mencapai 30,3 persen. Diikuti posisi kedua ada petahana, Edy Rahmayadi sebanyak 28,7 persen. 

"Menyusul Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 18,7 persen, dan Musa Rajekshah dengan 10,7 persen. Sementara tokoh lain yang di bawah 2 persen totalnya ada 9,7 persen," sambung Togu dalam keterangannya.

Selain Cagub, LKPI juga mengungkap survei top of mind terhadap bakal Calon Wakil Gubernur Sumut pada Pilkada serentak 2024.

"Top of mind untuk bakal Cawagub Sumut ada mantan Wakil Rektor UBK, Teguh Santosa dengan 23,6 persen. Kedua ada politisi PDIP, Charles Bonar Sirait 16,2 persen," ujar Togu Lubis.

Menyusul di posisi ketiga ada Darma Wijaya dengan 14,6 persen. Keempat ada Azhari Tambunan 13,8 persen, dan posisi kelima ada Arief Sudarto Trinugroho dengan 9,6 persen.

Survei tersebut juga mendapati elektabilitas Cagub dan cawagub dalam simulasi pertanyaan secara tertutup. Urutannya hampir serupa.

Dalam survei tersebut, secara elektabilitas, posisi tertinggi masih diduduki oleh Bobby Nasution dengan raihan 36,2%. Disusul Eddy Rachmayadi dengan 23,7 persen dan posisi ketiga diisi Basuki Tjahaya Purnama sebanyak 20,1%.

“Untuk tingkat elektabilitas cawagub sumut, Teguh Santosa menempati posisi tertinggi dengan persentase sebanyak 27,6%. Kemudian disusul Bonar Charles Sirait di posisi kedua sebanyak 26,8%, serta posisi ketiga ada Azhari Tambunan sebesar 16,7%.

Survei mengunakan responden sebanyak 1.820 warga Sumatera Utara yang sudah memiliki hak pilih pada Pilkada 2024 dan tersebar di 33 Kabupaten/Kota dari tanggal 20 sampai 31 Mei 2024.

Pengambilan sample menggunakan metode multistage random sampling pada populasi daftar pemilih tetap Pemilu 2024. Survei ini memiliki Margin of Error +/- 2.3% dan Tingkat Kepercayaan 95%. (ns)