Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Bawaslu DKJ: Warga Bukan Hanya Memilih, Tapi Aktif Juga Melapor

Kegiatan Bawaslu Jakarta Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Penetapan Hasil Pemilihan Umum 2024 (foto: gemapos)
Kegiatan Bawaslu Jakarta Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Penetapan Hasil Pemilihan Umum 2024 (foto: gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) Daera Khusus Jakarta meminta masyarakat turut aktif dalam menyampaikan pengaduan pelanggaran dalam proses pemilhan kepala daerah (pilkada). hal tersebut ditujukan agar warga akti berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan dan pengawasan bersama Bawaslu.

"jadi bukan hanya aktif dalam memilih tapi aktif juga melapor, membuat pengaduan," ujar Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Bawaslu Daerah Khusus Jakarta (DKJ) Quin Pegagan, Jumat (31/5)

Hal itu Quin sampaikan saat ditemui wartawan usai kegiatan bertajuk "Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Penetapan Hasil Pemilihan Umum 2024" di Jakarta.

Adapun kegiatan tersebut diadakan oleh Bawaslu DKJ untuk meningkatkan intensitas publikasi dan dokumentasi kegiatan agar rekam jejak kinerja Bawaslu dapat diketahui publik. Lebih lanjut, Quin Pegagan menuturkan bahwa publikasi serta dokumentasi melalui media jurnalistik ini penting. Hal ini agar pencegahan dan penindakan yang dilakukan Bawaslu dapat dilakukan bersama dengan masyarakat.

"Makanya penting publikasi dan dokumentasi biar kita internal paham, dan publik juga paham kalau ada pelanggaran, sehingga bisa ada aduan," tuturnya.