Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Sandiaga Uno Dorong 'Green Event' Dalam Promosikan Produk Ekonomi Kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara Citra Semasa Piknik di Jakarta, Jumat (31/5/2024). (foto: gemapos/antara)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara Citra Semasa Piknik di Jakarta, Jumat (31/5/2024). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong adanya green event atau acara yang diselenggarakan dengan mengusung konsep berkelanjutan, terutama dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif di Indonesia.

“Saya ingin agar event-event ke depan yang memasarkan produk-produk kita berorientasi environmental sustainability, jadi ini kita harapkan menjadi daya tarik yang akan mendorong promosi ekraf kita,” kata Menteri Sandi dalam acara Citra Semasa Piknik di Jakarta, Jumat. 

Kemudian menyebut, dengan mengusung konsep keberlanjutan diharapkan dapat menjadi daya tarik pariwisata Indonesia dan meningkatkan pergerakan wisatawan Nusantara. Lebih jauh lagi ia berharap dengan konsep ini juga akan mendatangkan wisatawan mancanegara ke acara tersebut.

Selain itu, Menparekraf juga mengapresiasi acara Citra Semasa Piknik yang digagas Citra dan Semasa karena mengusung acara berkualitas yang mengedepankan inovasi produk berkelanjutan. Hal itu menjadikan Citra Semasa Piknik menjadi salah satu Top 10 Karisma Event Nusantara 2024 dari Kemenparekraf. 

“Lebih 3.500 event yang kami pantau, 100 yang kami kurasi dan 10 yang terbaik dan event ini salah satu Top 10, kenapa terpilih dari keunikan konsep, inovasi, peningkatan kualitas dan pelaksanaan dari tahun ke tahun, dan salah satunya inovasinya tentang green event,” katanya.

Ia juga mendorong semua pelaku usaha di bidang kreatif untuk melakukan gerakan 3G yaitu Gercep untuk menuju Indonesia Emas 2024, Geber atau gerak bersama karena pemerintah harus merangkul semua pihak yang mempunyai usaha dan para pembuat event, serta Gaspol untuk menciptakan potensi lapangan usaha.

Sementara itu, acara Citra Semasa Piknik yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) juga akan dihadiri oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, yang menandakan bahwa acara ini sangat strategis dan ia mengapresiasi Semasa selaku inisiator dan Citra sebagai kolaborator utama dalam menyajikan acara yang berkualitas.

“Kita harapkan event ini nanti akan berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif pada masyarakat kita terutama peningkatan kesejahteraan,” kata Sandi.

Selain itu, Sandi juga mengapresiasi para ilustrator perempuan yang menjadi mitra kolaborasi Citra untuk produk edisi terbatas dan berharap dapat menginspirasi perempuan lainnya.(pu)