Kementan Bantu Rp 410 Milliar Pulihkan Pertanian di Sulsel

Kunjugan Kerja Mentan Andi Amran Sulaiman, sekaligus menyerahkan paket bantuanuntuk Sulawesi Selatan dalam memulihkan Pertanian pasca banjir, Kamis (27/05/2024). (gemapos/kementan)
Kunjugan Kerja Mentan Andi Amran Sulaiman, sekaligus menyerahkan paket bantuanuntuk Sulawesi Selatan dalam memulihkan Pertanian pasca banjir, Kamis (27/05/2024). (gemapos/kementan)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Pertanian (Kementan) Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kompleks Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin (27/5/2024).

Dalam kunjungan tersebut Mentan menyerahkan paket bantuan pertanian pasca banjir dan program regular pertanian senilai lebih dari Rp 410 milliar, selain dari pupuk subsidi senilai lebih dari Rp 2,5 triliun.

Bantuan pertanian yang diserahkan mencakup benih hortikultura, perkebunan, pupuk, dan alat mekanisasi pertanian (alsintan) dengan nilai lebih dari Rp 365 miliar.

Selain itu, kementan juga memberikan bantuan untuk bencana alam di tujuh kabupaten/kota yaitu; Luwu, Enrekang, Sidrap, Wajo, Bone, Pinrang, dan Sinjai senilai Rp 48,3 miliar.

Dalam sambutannya, Amran menegaskan penyerahan bantuan itu bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan dan kesejahteraan petani di Sulawesi Selatan.

"Melalui bantuan ini, kami ingin daerah-daerah yang terkena musibah segera pulih dan Sulawesi Selatan semakin maju," kata Amran.

Ia berharap, bantuan itu juga dapat meringankan beban korban sehingga mereka dapat bangkit kembali dan memperkuat perekonomian Sulsel yang sempat terganggu akibat bencana.

“Bencana di Sulsel ini harus kita hadapi bersama, karena satu petani yang terkena bencana adalah musibah kita bersama. Maka yang terdampak ini akan kita beri bibit, benih, traktor, dan pupuk gratis,” tegasnya.

Lebih lanjut, Amran menyebut bahwa kunjungannya ke Sulsel adalah perintah langsung dari Presiden Jokowi.

"Saya mendapat penugasan khusus dari Bapak Presiden untuk menyelesaikan seluruh permasalahan pertanian di daerah, khususnya petani yang terdampak bencana alam,” ujarnya.

Sebanyak 60 truk berisi bantuan diberangkatkan dari pelataran Kantor Gubernur Sulawesi Selatan untuk disalurkan ke wilayah terdampak bencana di tujuh kabupaten/kota. (dm)