Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Jokowi-Gibran Tak Diundang Rakernas, Djarot Singgung Kader Langgar Konstitusi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. (gemapos/Antara)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. (gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat menyebut Rakernas PDIP hanya untuk kader partai yang setia kepada konstitusi. Hal itu disampaikan menyusul Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka Tidak diundang ke acara tersebut.

"PDIP itu satu partai ideologis di mana Ibu Megawati Ketum selalu kokoh berdiri untuk menyuarakan kebenaran, untuk melaksanakan konstitusi dan ideologi itulah yang digembleng oleh beliau kepada seluruh kader-kadernya," kata Djarot dalam acara Rakernas di Beach City Internasional Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Dirinya menyinggung perihal anggota yang tidak diundang karena dianggap melanggar etika dan Konstitusi.

"Apabila ada di antara kita anggota partai yang melanggar konstitusi, melanggar etika dan moral, maka dia sudah bukan menjadi bagian dari keluarga besar PDIP," sambungnya.

Menurut Djarot, pihak-pihak yang melanggar etika telah bertentangan dengan AD/ART partai. Selain itu, sebut dia, pun bertentangan dengan konstitusi negara.

"Oleh sebab itu, yang diundang adalah ini adalah untuk internal partai, yang diundang adalah sahabat-sahabat, para cendekiawan, para akademisi, para civil society, budayawan, masyarakat, prodemokrasi yang betul-betul berjuang untuk menengakkan demokrasi yang jujur, adil, yang konstitusional, yang bermartabat," kata dia.

Diketahui, PDIP membuka acara Rakernas V di Jakarta hari ini. Presiden Jokowi tengah berada di Yogyakarta dan tak memiliki agenda di Jakarta saat ini.

"Kegiatan Internal di Istana Jogja," kata Plt Deputi Protokol, Pers, dan Media Yusuf Permana, Jumat (24/5).

Dalam Rakernas PDIP yang digelar selama 24-26 Mei ini, Megawati dijadwalkan akan memberikan pidato politiknya. Rakernas tersebut juga akan membahas keputusan sikap PDIP apakah akan berada di dalam atau di luar pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke depannya.(ns)