Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Helikopter Rombongan Presiden Iran Jatuh, Muat 9 Orang

Presiden Iran Seyed Ebrahim Raisi. (gemapos/arsip)
Presiden Iran Seyed Ebrahim Raisi. (gemapos/arsip)

Gemapos.ID (Jakarta) - Helikopter yang yang berisikan rombongan Presiden Iran Ebrahim Raisi dilaporkan mengalami kecelakaan saat kondisi cuaca buruk. Helikopter tersebut dikabarkan di Provinsi Azerbaijan Timur. Disebutkan setidaknya ada sembilan orang berada dalam helikopter tersebut.

Dilansir AFP via detik.com, Senin (20/5), media pemerintah melaporkan saat ini pencarian sedang dilakukan. Namun belum ada kabar pasti mengenai kondisinya.

"Sebuah kecelakaan terjadi pada helikopter yang membawa presiden, di wilayah Jofa di provinsi barat Azerbaijan Timur," kata televisi pemerintah.

Tim pencarian dan penyelamatan dikabarkan sedang menuju ke daerah pegunungan terpencil tersebut. Media pemerintah di republik Islam melaporkan, bahwa Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian juga berada di dalam pesawat tersebut.

"Kondisi cuaca buruk dan kabut tebal menyulitkan tim penyelamat untuk mencapai lokasi kecelakaan," kata TV pemerintah dalam peringatan berita di layar.

Kantor berita resmi IRNA menyebutkan kecelakaan hari Minggu itu terjadi di kawasan hutan lindung pegunungan Dizmar dekat kota Varzaghan.

Raisi disebut mengunjungi provinsi tersebut pada hari Minggu untuk meresmikan proyek bendungan bersama rekannya dari Azeri, Ilham Aliev, di perbatasan antara kedua negara.

"Konvoinya mencakup tiga helikopter, dan dua lainnya telah mencapai tujuan dengan selamat," menurut kantor berita Tasnim.

IRNA mengatakan menteri luar negeri dan pejabat setempat bepergian dengan helikopter yang sama dengan Raisi.

Belakangan, Menteri Dalam Negeri Ahmad Vahidi mengatakan salah satu helikopter "Melakukan pendaratan darurat karena kondisi cuaca buruk dan sulit menjalin komunikasi" dengan pesawat tersebut.

Dilansir CNN, Senin (20/5/2024) sembilan orang berada di helikopter yang jatuh di barat laut Iran pada hari Minggu waktu setempat. Sembilan orang ini terdiri dari tiga pejabat, seorang imam dan anggota tim penerbangan dan keamanan, lapor berita Tasnim Iran.

Outlet media yang dikelola IRGC, Sepah, melaporkan sembilan orang tersebut termasuk: Presiden Iran Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian, Gubernur provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam salat Jumat Tabriz Imam Mohammad Ali Alehashem. Selain itu, seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan dan pengawal lainnya.

Saat ini diketahui pencarian helikopter tersebut masih berlangsung. Sejumlah negara seperti Rusia dan Turki turut mengirimkan bantuan tim penyelamat untuk melakukan pencarian.(ns)