Gema Bali Gema Lampung Gema Kalteng

Ridwan Kamil Masuk Penjaringan Golkar untuk Pilgub DKI dan Jabar

Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK). (gemapos/antara)
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK). (gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyebut masih melakukan penjaringan calon gubernur yang akan diusung di Pilkada DKI Jakarta dan Pilkada (Jawa Barat (Jabar). Nama eks eks Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (RK), disebut Airlangga menjadi salah satu kandidat yang berpeluang dimajukan.

"DKI masih kita jaring. Salah satunya Ridwan Kamil," ujar Airlangga usai pelantikan PJ Gubernur di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2024).

Meski demikian, Airlangga juga tak menampik jika RK berpeluang dimajukan ke Pilgub Jawa Barat. Menko Perekonomian itu menyebut akan memprioritaskan kerja sama dengan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilkada DKI.

"Jawa Barat juga sedang disaring, salah satunya Ridwan Kamil. Pertama prioritasnya adalah Koalisi Indonesia Maju," kata Airlangga.

Diketahui sebelumnya, Ridwan Kamil menjawab pertanyaan wartawan tentang karier politiknya ke depan. RK menyebutkan 3 kemungkinan.

"Pilihan saya memang tiga ya, antara menteri, Gubernur DKI, dan Gubernur Jabar. Tapi per hari ini belum saya putuskan," kata RK, di Sekretariat TKD Jabar, Kota Bandung, seperti dilansir detikJabar, Kamis (16/2).

Meski begitu, RK menyebutkan cenderung melanjutkan sebagai Gubernur Jabar di pilkada November mendatang.

"Kalau hati cenderung mungkin melanjutkan Jabar jilid II, tapi belum saya putuskan karena proses masih panjang. Dinamika pasti ada karena pilkada itu bulan November tanggal 27, jadi masih terlalu panjang ya," ungkapnya. (ns)