Jokowi Pastikan Pansel KPK Selesai Bulan Juni

Presiden Jokowi saat meresmikan bendungan Ameroro di Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024). (gemapos/youtube sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meresmikan bendungan Ameroro di Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024). (gemapos/youtube sekretariat Presiden)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembentukan Panitia Seleksi (pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan selesai pada Juni 2024. Jokowi menyebut saat ini sedang menyiapkan nama-nama kandidat anggota Pansel lembaga antirasuah itu.

"Ini baru disiapkan, nanti Juni lah sudah kita selesaikan. Ini baru menyiapkan untuk anggota dari Pansel," kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

Terkait nama-nama tokoh yang sedang disiapkan, Jokowi hanya menjawab bahwa nama-nama yang disiapkan adalah mereka yang memiliki integritas.

"Ya tokoh yang baik lah, yang punya integritas yang concern terhadap pemberantasan korupsi, saya kira banyak sekali, tinggal nanti dipilih," ujar Jokowi.

Sebelumnya Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Presiden RI Joko Widodo tengah mengkaji nama-nama calon anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK).

"Nama-nama calon anggota Pansel Capim dan Dewas KPK masih terus digodok dengan memperhatikan harapan-harapan masyarakat untuk mendapatkan anggota Pansel yang kredibel dan berintegritas," kata Ari Dwipayana beberapa waktu lalu.

Ari mengatakan bahwa keanggotaan Pansel tersebut akan berjumlah 9 orang yang terdiri dari 5 orang unsur pemerintah dan 4 orang unsur masyarakat yang akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden.(ns)