Dasco: Pak Prabowo Kantongi Nama Calon untuk Pilkada Jakarta

Ketua Harian partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.. (gemapos/rmol)
Ketua Harian partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.. (gemapos/rmol)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto disebut telah mengantongi nama yang nantinya akan maju pada Pilgub DKI Jakarta 2024. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ketua Harian partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

"Jadi begini, kalau kita ngomong soal Pilkada DKI, Insyaallah nama yang akan maju itu sudah ada di kantong Pak Prabowo," kata Dasco di Tavia Heritage Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2024).

Dasco menyebut terdapat dua opsi yang nantinya akan dibahas pada rapat bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Yang kemudian ada dua opsi. Dua opsi itu salah satunya itu pasti ada kader Gerindra baik menjadi gubernur atau wakil gubernur dan itu akan dibawa ke dalam rapat Koalisi Indonesia Maju," jelasnya.

Dasco menegaskan dua opsi tersebut ialah satu dari koalisi dan satu lagi dari Gerindra. Mengenai siapa nama yang akan maju di Pilgub Jakarta masih dirahasiakan, akan segera diumumkan.

"Insyaallah bulan depan. Akhir bulan depan. Kira-kira begitu," ujarnya.

Dasco menjelaskan mekanisme untuk nama yang nantinya muncul di Pilgub Jakarta merupakan hak prerogatif dari Dewan Pembina Gerindra. Prabowo juga merangkap sebagai Ketua Dewan Pembina Gerindra.

"Ya kalau di Gerindra itu kewenangan menurut anggaran dasar dan anggaran rumah tangga untuk penyusunan personalia pengurus kemudian pencalonan kepala daerah, presiden/wakil presiden itu ada juga hak prerogratifnya dari Dewan Pembina," ujarnya.

"Nah sehingga mekanisme itu bisa dari bawah, tapi keputusan ada di tangan Ketua Dewan Pembina," imbuhnya.(ns)