Ganjar Deklarasi Oposisi, Hendrawan: Itu Sikap Pribadi, Bukan Partai

Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno. (gemapos/DPR RI)
Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno. (gemapos/DPR RI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno merespon pernyataan Ganjar Pranowo terkait keputusannya menjadi oposisi. Hendrawan menilai itu merupakan sikap pribadi dari mantan canlon presiden nomor urut 3 itu.

"Setahu saya itu sikap Pak Ganjar Pranowo. Sikap PDIP tentu yang menyampaikan pasti Pak Sekjen atau DPP. Jangan dicampuradukkan," kata Hendrawan kepada wartawan, Selasa (7/5/2024).

Hendrawan meyakini keputusan Ganjar menjadi oposisi tak disampaikan sembarangan. Kendati demikian Anggota Komisi XI DPR ini menegaskan itu sikap pribadi Ganjar bukan sikap resmi partai.

"Tentu sikap tersebut tidak disampaikan secara sembarangan. Sebagai kader PDIP dia tahu suasana batin yang ada di PDIP. Tetapi sikap resmi PDIP bukan apa yang disampaikannya. Dia juga tahu hal tersebut," ujarnya.

Dia menilai menjadi oposisi bukan hal buruk. Dia meminta masyarakat tak menilai sikap oposisi sebagai permusuhan.

"Harus juga dipahami, oposisi bukan hal buruk dalam demokrasi. Jangan dimaknai sebagai ekspresi ketidaksukaan atau memusuhi. Oposisi harus dilihat sebagai upaya melengkapi peran-peran politik dalam sistem demokrasi, agar sistem tersebut bekerja dengan baik," ujarn Hendrawan.

Ganjar Pranowo sebelumnya mendeklarasikan tidak akan bergabung di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ganjar menegaskan dirinya akan melakukan kontrol terhadap pemerintahan.

"Saya declare, pertama, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini, dan kami akan melakukan kontrol dengan cara yang benar," kata Ganjar saat acara halalbihalal TPN di Jalan Teuku Umar Nomor 9, Jakarta Pusat, Senin (6/5).

Ganjar mengatakan berada di dalam atau di luar pemerintahan semuanya terhormat. Ganjar meminta tidak ada saling mencibir soal itu.

"Sehingga moralitas politiknya ada, cara berpolitik yang benar mesti naik kelas, dan semua sama-sama terhormat, tidak perlu saling mencibir," katanya. (ns)