Memanas! Hizbullah Gempur Pangkalan Militer israel Pakai Puluhan Roket

Ilustrasi peluncuran senjata roket. (gemapos/Reuters)
Ilustrasi peluncuran senjata roket. (gemapos/Reuters)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kelompok Hizbullah kembali menyerang Israel dengan menembakkan "puluhan roket Katyusha" ke sebuah pangkalan militer Tel Aviv di Dataran Tinggi Golan yang diduduki. Kelompok milisi Lebanon itu, menyebut serangan roket pada hari Senin (6/5) tersebut sebagai pembalasan atas serangan Israel di timur Lebanon.

Sebelumnya, media resmi Lebanon melaporkan bahwa tiga orang terluka dalam serangan Israel pada Senin (6/5) dini hari waktu setempat di timur negara itu. Terkait serangan itu, militer Israel mengatakan mereka menyerang sebuah "kompleks militer" Hizbullah.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (6/5), para petempur Hizbullah meluncurkan "puluhan roket Katyusha" yang menargetkan "markas besar Divisi Golan...di pangkalan Nafah", kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Hizbullah menyebut hal itu "sebagai respons terhadap serangan musuh yang menargetkan wilayah Bekaa".

Israel dan Hizbullah Lebanon telah saling baku tembak secara rutin di lintas perbatasan sejak serangan kelompok Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel selatan, yang memicu perang di Jalur Gaza.

Dalam beberapa minggu terakhir, sekutu Hamas, Hizbullah, telah meningkatkan serangannya terhadap Israel utara, dan militer Israel telah menyerang lebih jauh ke dalam wilayah Lebanon.

"Pesawat tempur musuh melancarkan serangan sekitar pukul 01.30 dini hari tadi terhadap sebuah pabrik di Sifri, melukai tiga warga sipil dan menghancurkan bangunan tersebut," lapor kantor berita resmi Lebanon, National News Agency. (ns)