Pemkab Kuningan Salurkan 123 Unit Pompa Air ke Petani

Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar (tengah duduk topi putih) saat menyerahkan bantuan pompa air bagi petani di Kuningan, Jawa Barat, Minggu (5/5). (antara)
Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar (tengah duduk topi putih) saat menyerahkan bantuan pompa air bagi petani di Kuningan, Jawa Barat, Minggu (5/5). (antara)

Gemapos.ID (Jakarta) Pemerintah Kabupaten Kuningan menyalurkan 123 unit pompa air kepada lima kelompok tani, dengan upaya untuk mencegah kekeringan dan untuk meningkatkan produksi padi khususnya di dua kecamatan yakni Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Kalimanggis yang menjadi sasaran utama dari program tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar, mengatakan, bahwa bantuan ini sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menyukseskan program Perluasan Areal Tanam (PAT) melalui Pompanisasi.

“Bantuan dari Kementerian Pertanian ini tujuannya untuk merealisasikan perluasan areal tanam terutama untuk daerah sawah tadah hujan. Jadi diharapkan petani bisa dua kali tanam atau bahkan lebih dalam kurun waktu satu tahun,” kata Dian, seperti dikutip gemapos.id, Senin (6/5/2024).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian kabupaten kuningan Wahyu Hidayah menegaskan bantuan ini merupakan dukungan dari pemerintah kepada Poktan kabupaten kuningan dimana  pompanisasi merupakan salah satu solusi untuk menjaga lahan pertanian tetap produktif, saat dihadapkan pada masalah cuaca.

“Dengan pompanisasi, optimalisasi pengairan untuk sawah tadah hujan bisa berjalan. Dampaknya tentu pada peningkatan indeks pertanaman,” ujar Wahyu. (dm)