Ahok Unggah Konten Perdana Bahas Jakarta, Cek Ombak?

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok. (gemapos/gesuri)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok. (gemapos/gesuri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok, kembali aktif di akun YouTube pribadinya membahas persoalan di Jakarta menjadi konten perdana di 2024.

Dalam konten tersebut, Ahok membahas berbagai pesoalan yang sering terjadi di kota metropolitan itu. Permasalahan Jakarta mulai dari banjir, kemacetan hingga penonaktifan Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga Jakarta dibahas Ahok. Konten terkait Jakarta ini, ramai disebut sebagai kode Ahok bakal maju Pilgub Jakarta 2024.

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menilai bahwa video itu merupakan cara Ahok cek ombak jelang Pilkada Jakarta 2024.

 

"Saya melihat itu kelihatannya cek ombak ingin melihat apa respon dari warga Jakarta terhadap dirinya begitu," kata Ujang seperti dilansir Liputan6.com, Senin (6/5/2024).

Menurut Ujang, wajar jika Ahok paham berbagai persoalan Jakarta karena pernah menjabat gubernur dan wakil gubernur Jakarta. Namun, Ujang bilang sulit bagi Ahok untuk maju di Pilkada Jakarta sebagai calon gubernur (cagub).

"Saya melihat bahwa itu ya hak Ahok untuk membuat konten YouTube, hak Ahok untuk bicara soal Jakarta, hak Ahok juga untuk bisa maju. Tetapi kalau maju sulit," ujar Ujang.

Ujang menjelaskan, kasus lama Ahok soal penistaan agama terkait pidatonya di hadapan warga Kepulauan Seribu pada 30 September 2016 silam menjadi cacatan negatif di benak warga Jakarta. Ahok, kata Ujang sulit diterima kembali warga Jakarta.

"Berat karena tadi punya catatan pidana penistaan agama dan warga Jakarta kalau Ahok maju lagi tidak akan memilih dan itu beresiko bagi Ahok dan bagi PDIP akan kalah," katanya.(ns)