Meski Menang Pileg, Cak Imin Sebut Butuh Koalisi untuk Pilgub Jatim

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (gemapos/RRI)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (gemapos/RRI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin masih proses memetakan bakal calon Gubernur Provinsi Jawa Timur (Jatim). Cak Imin mengaku tetap butuh koalisi untuk Pilgub Jatim 2024, meskipun PKB menjadi pemenang di pemilihan legislatif Jawa Timur 2024.

"Ya lagi proses (bakal calon Gubernur Jatim), tentu kita tetap butuh koalisi. Kita juga mempertimbangkan ketokohan. Mesin pemenangan, ketokohan," ungkap Cak Imin dalam acara taaruf politik dengan bakal calon kepala daerah di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2024).

Cak Imin menegaskan partainya sangat siap dalam pertarungan Pilgub di Jatim termasuk jika harus melawan Khofifah Indar Parawansa yang merupakan petahana. Cak Imin mengaku percaya diri, apalagi partainya sebagai pemenang di Jatim.

"Ya harus siap lah (lawan Khofifah), partai pemenang," kata Cak Imin.

Seperti diketahui, PKB menggelar pertemuan dengan para bakal calon kepala daerah (Bacakada). Acara pertemuan ini dipimpin langsung Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Dalam pertemuan ini, Cak Imin mengungkapkan sudah bertemu dengan Bakacada yang mendaftarkan diri ke PKB untuk mengikuti Pilkada 2024. Salah satu nama tenar yang mendaftarkan diri yakni mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

"Banten Gubernur banyak, salah satu nama yang muncul ada Airin dari Golkar," kata Cak Imin kepada wartawan di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2024).

Tidak hanya Airin, nama tenar lainnya yang hadir dalam acara bertemakan 'Taaruf Politik' bersama Cak Imin yakni Ketua DPD Golkar Jakarta, Zaki Iskandar. Zaki disebut Cak Imin bersiap untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur Jakarta.

"DKI (Jakarta), ada Zaki, Ida Fauziyah, satu lagi.. tiga orang (bakal calon)," ungkap Cak Imin.

Sementara Cak Imin menyebut untuk pencalonan Gubernur Jawa Barat, sudah ada dua nama dari internal partai yakni Ketua DPP PKB, Cucun Syamsurijal dan Wasekjen PKB, Saiful Huda.

"Jawa Barat ini masih bisik-bisik, dari internal ada Pak Huda sama Pak Cucun," ujar Cak Imin. (ns)