Begini Tampilan Batik Haji Indonesia Terbaru

Tampilan baru Batik Haji Indonesia terbaru yang diperkenalkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (28/4/2024). (gemapos/kemenag)
Tampilan baru Batik Haji Indonesia terbaru yang diperkenalkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (28/4/2024). (gemapos/kemenag)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Launching Senam Haji Indonesia sekaligus memperkenalkan batik Haji Indonesia terbaru di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (28/4/2024).

Kegiatan itu diikuti oleh lebih dari 28 ribu jemaah haji Indonesia tahun 2024 secara luring dan daring.

"Ini juga terobosan baru setelah 12 tahun batik jemaah haji tidak pernah berganti. Seragam batik ini diperoleh melalui Sayembara Desain Batik Haji pada 2023," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag M. Ali Ramdhani.

"Kami harap seragam batik ini lebih mencerminkan identitas Indonesia dan mudah dikenali oleh jemaah dari berbagai negara di dunia," imbuhnya.

Sementara Dirjen PHU Hilman Latief mengungkapkan dalam rangka pengadaan batik haji ini, Kemenag melibatkan UMKM yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

"Diperkirakan per jemaah membutuhkan 3 meter kain untuk satu batik, jadi sekitar 700 KM banyaknya jika dibentangkan. Dan kita melibatkan banyak UMKM untuk membuatnya," kata Hilman Latief.

Batik baru jemaah haji Indonesia berwarna ungu bermotif Sekar Arum Sari, yang terinspirasi dari melati putih, motif kawung, motif truntum, motif songket dan tenun, serta burung garuda. Motif ini mengambil filososfi puspa nasional Indonesia yang digambarkan dengan bunga melati putih yang melambangkan simbol kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati.

Kegiatan Senam Haji dan Peragaan Batik Indonesia ini juga didukung oleh Bank Syariah Indonesia.

"Kami mengapresiasi BSI yang sudah bersedia bersama-sama memfasilitasi jemaah haji Indonesia. Kita berharap kolaborasi yang kita lakukan dengan para mitra dapat mengoptimalkan layanan bagi para jemaah," kata Dirjen PHU Hilman Latief. (rk)