Kemenangan Timnas U-23 Harus Jadi Momentum Kembangkan Infrastruktur Olahraga

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian

Gemapos.ID (Jakarta) - Timnas U-23 Indonesia mencatatkan prestasi gemilang dengan menaklukkan Korea Selatan dalam babak perempat final Piala Asia U-23. Kemenangan ini menjadi momen bersejarah bagi Indonesia karena berhasil membobol gawang Tim Ginseng dalam drama adu penalti.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian mengapresiasi kemenangan tim Indonesia atas Korsel itu. Menurutnya, kemenangan ini bukan hanya sebuah prestasi, tapi juga sebuah sejarah bagi sepak bola Indonesia.  

“Kemenangan ini harus dijadikan momentum untuk terus mengembangkan infrastruktur olahraga serta talenta-talenta muda di tanah air. Harapan saya, kemenangan hebat yang kita peroleh ini agar menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia terlebih untuk para benih-benih atlet sepak bola kita untuk terus mengasah kemampuan dan mengejar mimpi mereka di dunia sepak bola dan olahraga pada umumnya,” kata Hetifah dalam keterangan tertulisnya seperti diterima gemapos di Jakarta, Sabtu (27/4/2024).

Rekor pertama kemenangan Tim Garuda Muda atas Korea Selatan dalam kelompok U-23 ini menunjukkan kebangkitan yang membanggakan. Meskipun sebelumnya selalu menelan kekalahan. Menurutnya, ini adalah momentum positif dari fase grup Piala Asia U-23 di tahun 2024 yang memberikan harapan baru bagi skuat Garuda Muda.

Kemenangan atas Korea Selatan lewat drama adu penalti 11-10 di babak perempat final Piala Asia U-23 2024 juga membuat ”Garuda Muda” hanya butuh satu kemenangan lagi untuk tampil di pesta olahraga terakbar sejagat, yaitu Olimpiade Paris.

“Kita tentu mengharapkan penampilan maksimal dari para pemain timnas kita, juga dukungan luar biasa dari para official termasuk Pelatih Shin Tae-Yong untuk membawa Garuda Muda kita bisa memenangkan pertandingan yang akan datang dan memenangkan tiket untuk berlaga di Olimpiade Paris yang akan datang ini. Kita doakan yang terbaik untuk para atlet-atlet berbakat kita,” harap Anggota Legislator Dapil Kaltim tersebut.

Momen ini, lanjut Hetifah mengingatkan pada kejayaan masa lalu, di mana Indonesia menahan imbang Rusia pada Olimpiade 1956 di Melbourne. Optimisme pun berkobar bahwa kemenangan ini akan menjadi titik balik penting dalam dunia olahraga Indonesia. Karenanya, Legislator Fraksi Golkar itu menekankan pentingnya dukungan penuh dan berkelanjutan dalam pengembangan olahraga di Indonesia, khususnya sepak bola.

"Anak asuh Shin Tae-Yong (Pelatih Timnas Indonesia) menjadi satu-satunya tim di Piala Asia yang mampu menjebol gawang Tim Ginseng," pungkasnya. (rk)