Jokowi Terima Kunjungan Menlu Singapura, Ini Yang Dibahas

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (26/4/2024) (gemapos/antara)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (26/4/2024) (gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan untuk membahas persiapan Leaders’ Retreat. Dimana dalam acara tersebut,  Indonesia menjadi tuan rumah untuk tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (26/4/2024).

"Kita melakukan Leaders' Retreat secara bergantian dan tahun ini adalah tahun di mana Indonesia menjadi tuan rumah," kata Retno kepada wartawan.

Leaders’ Retreat merupakan agenda pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang akan dilaksanakan di Istana Bogor pada Senin, 29 April 2024 mendatang.

Retno menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut, Menlu Vivian membahas kunjungan PM Lee ke Indonesia dalam Leaders' Retreat menjadi kunjungan terakhir sebelum ia menyerahkan pemerintahan kepada PM yang baru.

Menurut Rencana, Deputy Prime Minister (Wakil Perdana Menteri) Lawrence Wong, yang melanjutkan pemerintahan negara itu, juga turut hadir dalam Leaders' Retreat.

"Ini menunjukkan betapa pentingnya hubungan bilateral antara Singapura dengan Indonesia," kata Retno.

Adapun dalam pertemuan pemimpin nanti, kedua pemimpin akan menelaah 10 tahun kerja sama yang sudah dilakukan, namun pada saat yang sama juga memastikan kerja sama dan kontinuitas hubungan baik kedua negara tetap berjalan.

Salah satu kerja sama strategis yang ditekankan adalah pengembangan sumber daya manusia melalui pengembangan keterampilan, pertukaran talenta di bidang digital, serta peningkatan kapasitas bidang kesehatan. (ns)