Umat Hindu Gelar Dharma Santi Nasional, Serangkaian Perayaan Hari Suci Nyepi 2024

Dhrama Santi Nasional 2024 serangkaian acara Hari Suci Nyepi tahun Saka 1946 di Balai Komado Kopasus, Cijantung, Jakarta pada Kamis (25/4/2024). (gemapos/nopa)
Dhrama Santi Nasional 2024 serangkaian acara Hari Suci Nyepi tahun Saka 1946 di Balai Komado Kopasus, Cijantung, Jakarta pada Kamis (25/4/2024). (gemapos/nopa)

Gemapos.ID (Jakarta) - Parisadha Hindu Dharma Indonesia menggelar puncak acara Dharma Santi Hari Suci Nyepi Nasional Saka 1946 tahun 2024 di Balai Komado Kopasus, Cijantung, Jakarta pada Kamis (25/4/2024).

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Muchmad Ali Ramdani, Wakil Badan Intelijen Negara (BIN), Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa dan beberapa perwakilan kementerian.

Ketua panitia acara, Brigjen TNI Ketut Wetan Pastia menyampaikan bahwa acara Dharma Santi Nasional kali ini dilaksanakan dalam berbagai rangkaian acara.

"Sebelum acara puncak ini, perayaan Dharma Santhi tahun 2024 telah dilangsungkan berbagai acara yang digelar di beberapa tempat," ungkap Wetan saat menyampaikan laporan panitia acara.

Wetan kemudian memaparkan rangkaian acara yang bertema "Sat Cit Anada, Untuk Indonesia Jaya" itu. Dirinya menyampaikan rangkaian acara dari sebelum Hari Suci Nyepi sampai puncak acara Dharma Santi.

"Ijinkan saya menyampaikan rangkaian acara dalam perayaan Dharma Santi nasional kali ini. Dimulai dari Sabtu, tanggal 2 Maret 2024, yaitu Makwrti Ayuning Segara, yang dilaksanakan di pantai Taruna Jaya, Bekasi. Acara tersebut berupa berseih-bersih pantai, Baksos dan penanaman Mamggrove," papar Wetan.

Wetan kemudian melanjukan menyampaikan rangkaian acara selanjutnya. Dimana pada Minggu 3 Maret 2024, dilaksakan upacara melasti di pantai taruna jaya bekasi. Kemudian  pelaksanaan Tawur Agung Kesanga di Pura Candi Prambanan, Yogyakarta Minggu (10/3/2024).

Kemudian pada hari Senin (11/4), adalah Hari Suci Nyepi. Dimana menjadi hari untuk menjalankan Catur Brata Penyepian.

Setelah perayaan catur brata, Wetan menyampaikan pelaksanaan rangkaian Dharma Santi yang dilaksanakan salam berbagai acara.

"Setelah hari Suci Nyepi, kami selaku panitia acara melangsungkan beberapa acara. Pada Sabtu tanggal 30 Maret 2024, kami melaksanakan bansos, baksos, penyuluhan kesehatan dan saka yoga vestifal di Candi Kedulan, Klaten Jawa Tengah," lanjut Wetan.

Jenderal bintang 1 itu kemudian memmaparkan rangkaian acara lainnya. Pada 31 Maret digelar seminar nasional dgn tema “implementasi nilai nilai pancasila pd hari suci agama agama di indonesia” bertempat di Jakarta.

Kemudian pada Minggu 7 April berlangsung dua acara yakni donor darah sore boga sevana serentak seluruh indonesia (berbagi buka puasa ). Pada Minggu berikutnya, tanggal 21 April 2024 digelar acara Seminar soal Stunting yang bekerjasama BUMN, Bank Indonesia, Kemen PPA dan BKKBN. Acara tersebut digelar di Medan, Sumatera Utara.

Wetan kemudian menyebut bahwa acara Dharma Santi juga digelar oleh PHDI di seluruh Indonesia. 

"Selain di acara puncak hari ini, PHDI di daerah juga melalukan acara yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing," ungkapnya.

"Kemudian pada hari ini, Kamis 25 April 2024, merupakan puncak acara Dharma Santi Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946/2024 Masehi," tandas Wetan.

Hadir dalam acara Ketua PHDI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Rektor Perguruan Tinggi Hindu, Ormas Hindu, dan beberapa tokoh Hindu di Indonesia.

Sebagai informasi, kegiatan ini disponsori oleh beberapa lembaga, perusahaan dan komintas sebagai berikut:

1. PANITIA DHARMASANTI BUMN 2024

2. BANK INDONESIA

3. PT TELKOM INDONESIA (Persero) Tbk.

4. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

5. IFG - Indonesia Financial Group

6. PT Jasa Marga (Pesero) Tbk

7. PT PP (Persero) Tbk

8. BPJamsostek

9. PT PLN Nusantara Power

10. PT Komatsu Marketing & Support Indonesia

11. PT United Tractors Tbk

12. PT Dwi Tunggal Putra

13. NSR - Nengah Sujana & Rekan

14. PT Jaya Konstruksi

15. SIP - Sinergi Investasi Properti (rk)