Panas! Hizbullah Balas Serang Militer Israel dengan Puluhan Roket

Prajurut Hizbullah. (gemapos/Republika)
Prajurut Hizbullah. (gemapos/Republika)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kelompok Hizbullah menyebut pihaknya telah menembakkan puluhan roket Katyusha ke markas besar militer di Israel utara. Hal itu dilakukan sebagai balasan atas serangan Israel yang menargetkan desa-desa di Lebanon selatan.

Sejak serangan besar-besaran Hamas pada tanggal 7 Oktober tahun lalu terhadap Israel yang memicu perang di Gaza, hampir setiap hari terjadi baku tembak lintas batas antara tentara Israel dan Hizbullah yang didukung Iran.

Ketika ketegangan Israel-Iran berada pada titik tertinggi sepanjang masa, kelompok militan Syiah Lebanon tersebut semakin mengintensifkan serangannya terhadap sasaran militer Israel di seberang perbatasan.

Dilansir kantor berita AFP, Selasa (23/4/2024), dalam sebuah pernyataan, Hizbullah mengatakan bahwa mereka telah membombardir "markas Brigade Infanteri ke-3 dari Divisi 91 di Pangkalan Ein Zeitim dengan puluhan roket Katyusha".

Hal ini sebagai respons atas serangan Israel terhadap "desa-desa di selatan dan rumah-rumah warga sipil", di Srifa, Odaisseh dan Rab Tlatin.

Kantor Berita Nasional resmi Lebanon (NNA) sebelumnya melaporkan serangan Israel di tiga desa tersebut pada hari Senin (22/4).

Militer Israel mengatakan "sekitar 35 peluncuran diidentifikasi melintasi dari Lebanon ke daerah Ein Zeitim di Israel utara" dan tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Dikatakan "pasukan menyerang sumber peluncuran".

Sejak 7 Oktober, setidaknya 376 orang telah tewas di Lebanon, sebagian besar adalah petempur Hizbullah, tetapi juga 70 warga sipil, menurut penghitungan AFP.

Sementara pihak Israel mengatakan 10 tentara dan delapan warga sipil tewas di sisi perbatasannya. (ns)