Turut Serang Suriah, Israel Diduga Target Radar Militer

ilustrasi rudal milik Israel.(gemapos/ISRAEL DEFENSE MINISTRY)
ilustrasi rudal milik Israel.(gemapos/ISRAEL DEFENSE MINISTRY)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Suriah mengungkapkan bahwa militer Israel telah melancarkan serangan rudal terhadap posisi militer di wilayah selatan negara tersebut. Kementerian Pertahanan Suriah menduga serangan itu bertujuan melumpuhkan radar militer Suriah yang bisa mendeteksi masuknya pesawat tempur Israel ke wilayah udara negara tersebut.

"Musuh Israel melancarkan serangan menggunakan rudal... menargetkan situs pertahanan udara kami di wilayah selatan," sebut Kementerian Pertahanan Suriah, dilansir AFP, Jumat (19/4/2024).

Disebutkan bahwa serangan pada Jumat (19/4) waktu setempat itu menyebabkan kerusakan material.

Kelompok pemantau konflik Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, secara terpisah melaporkan bahwa serangan Israel menargetkan posisi radar militer di Provinsi Daraa, yang mendeteksi masuknya pesawat-pesawat tempur Israel ke wilayah udara Suriah.

Kepala Syrian Observatory, Rami Abdel Rahman, menyebut serangan itu terjadi "pada saat Angkatan Udara Israel terbang secara intensif di wilayah Daraa" tanpa sistem pertahanan udara Suriah meambil tindakan apapun.

Militer Israel telah melancarkan ratusan serangan terhadap wilayah Suriah sejak perang sipil pecah di negara tetangganya tersebut tahun 2011 lalu. Kebanyakan serangan Tel Aviv menargetkan pasukan pemerintah dan para petempur yang didukung Iran di Suriah.

Namun serangan Israel terhadap Suriah semakin meningkat sejak perang berkecamuk di Jalur Gaza pada Oktober tahun lalu.

Rayan Maarouf, yang mengelola situs baru antipemerintah Suwayda24, sebelumnya mengatakan kepada AFP bahwa ada serangan terhadap posisi radar militer Suriah di Provinsi Sweida, tanpa menyebutkan sumber serangan tersebut.

Serangan terbaru di wilayah Suriah ini terjadi saat rentetan ledakan dilaporkan di wilayah Iran pada Jumat (19/4) dini hari, dengan beberapa pejabat senior Amerika Serikat (AS) melaporkan adanya serangan Israel. (ns)