Tak Hanya di Iran, Israel Juga Serang Irak dan Suriah

Ilustrasi - Serangan Iran ke Israel. (gemapos/reuters)
Ilustrasi - Serangan Iran ke Israel. (gemapos/reuters)

Gemapos.ID (Jakarta) - Israel dilaporkan telah melakukan serangan ke wilayah Iran. Hal ini dilaporkan oleh pewarta ABC News, Jumat (19/4/2024) berdasarkan konfirmasi dari seorang pejabat senior Amerika Serikat.

"Serangan itu terjadi hanya lima hari setelah Teheran melancarkan serangan militer langsung terhadap Israel,", kata seorang pejabat senior AS kepada ABC News.

Kantor berita Fars Iran melaporkan ledakan di provinsi Isfahan dan televisi pemerintah melaporkan penerbangan di beberapa kota telah ditangguhkan.

Dilansir CNN, Jumat (19/4/2024), informasi ini disampaikan kantor berita negara Republik Isram Iran, IRIB, mengutip "sumber terpercaya".

"Suara-suara kencang yang terdengar di beberapa wilayah negara adalah dampak dari sistem pertahanan udara yang diaktifkan untuk menangkal sejumlah drone-drone mini tak dikenal," kata sumber informasi yang dikutip oleh IRIB.

Menurut Al Jazeera, ada juga laporan ledakan di Suriah dan Irak. Kantor berita resmi Iran, IRNA, mengatakan serangkaian ledakan di Suriah menargetkan situs-situs militer. IRNA mengatakan serangan menyasar bandara militer “Adra” dan “Al-Thala” serta batalion radar yang terletak di antara kota “Adra” dan desa “Qarfa” di Suriah selatan. Sementara itu, di Irak, ledakan dilaporkan terjadi di daerah al-Imam di Babel.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan maupun penjelasan resmi dari pejabat Iran maupun Israel. ABC dan CBS News melaporkan serangan tersebut pada Jumat pagi waktu Timur Tengah, mengutip para pejabat AS. Belum ada komentar langsung dari Gedung Putih atau Pentagon. (ns)