Panglima Koarmada I Beri Lima Instruksi Kepada Pejabat Baru

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono (tengah) berjabat tangan dengan Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I Kolonel Laut (P) Anung Sutanto (kanan) dan pejabat lamanya Laksamana Pertama TNI Tony Herdijanto (kiri). (foto: gemapos/antara)
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono (tengah) berjabat tangan dengan Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I Kolonel Laut (P) Anung Sutanto (kanan) dan pejabat lamanya Laksamana Pertama TNI Tony Herdijanto (kiri). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono, memberikan lima instruksi kepada tiga pejabat baru Koarmada I pada upacara serah terima jabatan di Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta, Kamis.

Adapun ketiga pejabat tersebut, yaitu Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Kolonel Laut (P) Anung Sutanto, Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Kolonel Laut (P) Ludfy, dan Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono.

“Pertama, bina serta pimpinlah satker (satuan kerja) dengan benar berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan serta berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Trisila TNI Angkatan Laut,” katanya.

Kemudian instruksi lainnya, Laksda Yoos juga meminta jajarannya untuk memahami dan melaksanakan perintah harian Pangkoarmada I sebagai pedoman dalam mengerjakan tugas.

“Ketiga, laksanakan tugas secara profesional dan proporsional sesuai kewenangan. Keempat, laksanakan pembinaan terhadap personel untuk meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut yang handal,” kata Pangkoarmada I.

Selain itu, ia juga mengingatkan jajarannya untuk tetap berpedoman terhadap standar prosedur operasional (SOP) dalam setiap pelaksanaan tugas demi mencegah adanya kecelakaan kerja.

Pada amanat yang sama, Yoos juga menyampaikan terima kasih kepada tiga pejabat lama atas dedikasi mereka selama bertugas, yaitu Laksamana Pertama TNI Tony Herdijanto, Kolonel Laut (P) Awang Bawono, dan Kolonel Laut (P) Himawan.

Kemudian ia menjelaskan, pergantian jabatan merupakan bagian dari regenerasi untuk memantapkan kepemimpinan, serta mengasah kemampuan para perwira, dan memperluas pengalaman penugasan mereka.

Sementara itu kepada para pejabat baru, Yoos mengingatkan jabatan itu merupakan wujud kepercayaan dari pimpinan TNI AL karena hanya perwira yang terpilih dan dinilai mampu yang mendapat kepercayaan tersebut.

"Guskamla Koarmada I sebagai unsur pelaksana Koarmada I bertugas melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut sehari-hari dalam bentuk patroli keamanan laut. Satkor Koarmada I merupakan pembantu pelaksana utama Pangkoarmada I di bidang pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya. Satban Koarmada I adalah komando pelaksana pembina yang bertugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang pembekalan di laut dan bantuan logistik mobile dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmada I,” kata Laksda Yoos.

Dalam upacara tersebut, Yoos juga mengecek kesiapan pasukan dan armada Koarmada I. Beberapa kapal yang sandar di Dermaga Pondok Dayung saat upacara, antara lain KRI Imam Bonjol-383, KRI Sutanto-377, dan KRI Golok-688.

Selanjutnya dari tiga pejabat baru itu, salah satunya merupakan perwira TNI AL yang ikut mengemban misi mengantarkan bantuan dari rakyat Indonesia ke Mesir untuk rakyat Palestina di Gaza. Kolonel Bayu, yang saat itu bertugas sebagai Komandan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Muhibah/Port Visit ke Mesir Tahun 2024.(pa)