Dokter Sebut David Alami Trauma di Kepala Akibat Dianiaya Anak Pejabat Pajak

trauma otak ilustrasi (ist)
trauma otak ilustrasi (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pihak Rumah Sakit (RS) Mayapada menyampaikan kondisi terkini Cristalino David Ozora alias David, korban penganiayaan anak pejabat pajak, Mario Dandy Satrio.

Melalui konferensi pers yang digelar pihak rumah sakit, dokter RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan yang menangani kondisi David menyampaikan kalau pasiennya itu mengalami trauma di kepala usai mengalami penganiayaan.

Meski demikian, Dokter Konsultan Perawatan Intensif, Franz J.V Pangalila tingkat kesadaran David saat ini berangsur mulai membaik. Kesadaran David ini, diketahui berdasarkan analisa tingkat Glasgow Coma Scale (GCS) yang merupakan alat pengukuran tingkat kesadaran seseorang.

“Ya memang untuk kesadarannya itu ada perbaikan saya sampaikan saya mengatakan saya sebut saja ini sesuatu yang sangat umum. Pada saat dia masuk itu GCS-nya itu sekitar empat tapi yang jelas ini ada ya, bahasa Anomia trauma kepala,” ujar Franz, Selasa (28/2/2023).

Terkait trauma kepala yang dialami David, Franz mengakui pihaknya belum dapat menjelaskan lebih lanjut soal kerusakan syarafnya.

“Kita tidak bisa detail dulu, karena ini masih dalam perkembangan. Apa yang menjadi masalah di dalamnya itu kita belum bisa karena ini masih bisa berkembang, ya,” kata dia.

Sebab, sejauh ini dirinya mengatakan pihak dokter masih melakukan pengembangan analisa di tengah proses perawatan David di ruangan ICU.

Adapun perkembangan kondisi David yang menunjukkan mulai membaik dari tingkat kesadaran, lanjut Franz terlihat berdasarkan jangka waktu perawatan selama empat sampai lima hari ke belakang.

“Kita harus hati-hati di situ tapi yang jelas yang penting hasil akhirnya sampai saat ini detik ini keadaan cukup stabil,” tuturnya.