Cara Membuat Iga Bakar Madu

Ilustrasi: Iga Bakar Madu
Ilustrasi: Iga Bakar Madu

Gemapos.ID (Jakarta)Iga bakar madu termasuk dalam salah satu jenis makanan yang cukup banyak diminati masyarakat. Namun meskipun banyak digemari, tidak sedikit pula orang yang jarang atau bahkan belum pernah mengkonsumsinya. Mengapa demikian? Hal ini selain berkaitan dengan harga jual daging sapi yang lumayan tinggi juga berkaitan dengan cara pembuatannya yang terbilang sulit.

Cara membuat iga bakar

Banyak orang yang enggan untuk memasak daging atau bahkan iga sapi karena anggapan yang menyatakan bahwa proses memasak iga sapi sulit untuk dilakukan. Karena itulah lebih banyak orang yang memilih untuk membeli paket iga di beberapa layanan catering sekitaran Jakarta karena dinilai lebih praktis.

Berbicara mengenai iga bakar tentunya ia dibuat dengan cara dibakar. Jika proses pembakaran pada umumnya dilakukan dengan menggunakan bantuan arang. Kini kegiatan membakar iga dapat dilakukan dengan mudah, yaitu Anda dapat memasaknya sendiri dengan menggunakan bantuan teflon.

Lebih dari itu, jenis makanan ini juga termasuk dalam sajian yang kaya akan bumbu rempah. Sehingga ia dinyatakan sebagai menu sehat yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan. Hal ini juga disertai dengan adanya kandungan antioksidan, kemudian senyawa anti bakteri hingga anti jamur yang tentunya dapat mengatasi masalah pencernaan Anda.

Resep membuat iga bakar madu sederhana

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat sajian iga bakar madu, cobalah untuk mengikuti beberapa tahapan langkah di bagian bawah ini.

Bahan :

Cara pembuatan :

  1. Setelah mempersiapkan bahan-bahan di bagian atas tadi, pastikan untuk merebus iga sapi hingga ia matang terlebih dahulu.
  2. Sambil menunggu proses merebus iga sapi, Anda dapat membuat bahan bumbu halus yang akan digunakan. Seperti halnya bawang merah, bawang putih, jahe, cabai keriting, dan juga berikan garam secukupnya.
  3. Apabila proses merebus telah selesai, Anda dapat menumis bumbu halus yang telah dibuat tadi dan kemudian tambahkan daun salam serta sedikit air agar tidak gosong.
  4. Setelah bumbu matang, tambahkan kecap manis, madu kemudian gula serta minyak wijen. Kemudian aduk hingga tercampur dan masukkan kembali kaldu sapi serta merica bubuk yang akhirnya diaduk kembali.
  5. Apabila bumbu telah cukup matang, Anda dapat mencobanya dengan tes rasa. Jika rasa yang dihadirkan telah sesuai selera, Anda hanya perlu memasukkan iga sapi yang telah direbus empuk tadi ke dalamnya dan kemudian mengaduknya kembali hingga tercampur merata.
  6. Untuk menghadirkan bumbu yang meresap, pastikan Anda menggunakan api kecil dan diamkan di bagian atas wadah tadi kurang lebih selama 30 menit, agar bumbu yang dimilikinya meresap.
  7. Jika iga sapi dan bumbu yang diberikan telah meresap, maka Anda hanya perlu memindahkannya pada wadah teflon untuk proses membakarnya hingga berwarna kecoklatan dan siap disajikan.

Cara pembuatan iga bakar madu di bagian atas tadi memang cukup mudah untuk dilakukan. Namun jika Anda membutuhkan menu tersebut dalam jumlah banyak, seperti halnya untuk acara-acara tertentu.

Akan ada baiknya jika Anda memilih paket iga secara langsung di layanan kedai kayumanis. Dengan demikian, kebutuhan Anda untuk acara tertentu pun utamanya di kawasan Jakarta tentunya dapat terpenuhi dengan mudah.