Profil I Putu Yoga Saputra, Ketua Presidium PP KMHDI

Ketua Presidium PP KMHDI, I Putu Yoga Saputra. (doc)
Ketua Presidium PP KMHDI, I Putu Yoga Saputra. (doc)

I Putu Yoga Saputra lahir di Jogjakarta pada 28 November 1997. Namun ia banyak menghabiskan masa kecilnya di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Di sana lah ia menghabiskan masa Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Jogjakarta sebagai tempat kelahiran dan Sulawesi Selatan sebagai daerah dimana ia dibesarkan merupakan tempat lahirnya para tokoh-tokoh nasional seperti Bj. Habibie hingga Ki Hajar Dewantara.

Setelah lulus dari SMA, Yoga memberanikan diri untuk merantau ke Makassar se bagai ibu kota Sulawesi Selatan untuk menempuh Pendidikan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar dengan jurusan Ekonomi.

Selama menempuh Pendidikan S1, Yoga juga aktif dalam organisasi mahasiswa yang ada di kampus dan Sulawesi Selatan. Organisasi utama yang ia ikuti adalah Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Sulawesi Selatan. Pada kepengurusan PD KMHDI Sulsel periode 2018-2020, Yoga dipercaya menjabat sebagai Ketua Biro Data dan Informasi.

Setelah lulus S1, Yoga melanjutkan studi magisternya di Jakarta setelah mendapat beasiswa dari Forum alumni Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (FA KMHDI) atas prestasi yang ia miliki Ketika berorganisasi di KMHDI.

Ia pun melanjutkan jenjang proses berorganisasinya ke tingkat pusat dengan menjadi pengurus Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) dengan menjabat sebagai Ketua Departemen Data dan Informasi di periode kepengurusan 2018-2020 melalui hasil pergantian antar waktu (PAW) pada saat itu.

Tak Hanya di situ, selanjutnya, pada MAHASABHA XII KMHDI (Kongres Nasional) di Cisarua, Bogor, 18-23 Maret 2021, Yoga ikut bertarung dalam kontestasi pemilihan Ketua Presidium PP KMHDI periode 2021-2023. Saat itu ia melawan 9 calon lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Yoga terpilih sebagai Ketua Presidium PP KMHDI periode 2021-2023 setelah memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan tersebut.

Semasa berorganisasi di KMHDI, Yoga selalu tertarik pada isu-isu kebangsaan dan ke-Hinduan. Fokus utamanya adalah bicara isu pendidikan Hindu dan kualitas sumber daya manusia Hindu hingga saat dia menjabat Ketua Presidium PP KMHDI. Hal tersebut terbukti dari gerakan-gerakan sosial yang dilakukan KMHDI selalui berorientasi pada isu-isu tersebut. Melalui KMHDI, Yoga berharap masalah-masalah tersebut bisa terangkat ke permukaan sehingga menjadi perhatian semua pihak dan dapat terselesaikan melalui kebijakan-kebijakan yang dirumuskan oleh pemerintah.

Yoga menjadi salah satu tokoh muda Hindu yang selalu menyuarakan isu-isu ke-Hinduan dan juga kebangsaan. Baginya antara beraga dan bernegara adalah 2 (dua) hal yang harus seimbang untuk dilakukan. Selain itu, menurutnya menjadi aktivis mahasiswa merupakan sebuah jalan untuk melakukan pengabdian ke masyarakat.

Profil I Putu Yoga Saputra juga dilansir dalam id.wikipedia.org. (rk)