Ini 5 Inspirasi Cemilan Sehat Dari Buah-buahan Segar yang Cocok Temani Akhir Pekanmu

Ilustrasi: Salad Buah
Ilustrasi: Salad Buah

Gemapos.ID (Jakarta) - Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk bersantai dan ditemani dengan camilan yang enak dan sehat. Karena itu, kali ini kita akan berbagi camilan sehat dan segar dari bermacam-macam buah kesukaanmu. Penasarankan? Yuk, simak beberapa sajian buah yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah!

1. Salad dengan puree buah

Cemilan ini bertemakan fruits party! Kombinasikan aneka buah potong kesukaan seperti nanas, apel, melon, stroberi, dan lainnya. Buat fruit puree atau buah yang dihaluskan tanpa air. Kamu bisa membuatnya dengan bantuan hand blender atau food processor. Adapun salah satu paduan buah yang cocok ada Mangga, raspberry, pear, atau stroberi yang di haluskan bersama lalu di sajikan.

2. Salad buah yogurt

Untuk cemilan yang satu ini, kamu bisa menggunakan beberapa jenis buah kesukaanmu yang tersedia dalam kulkas.

Misalnya saja cukup dengan buah melon, pepaya, anggur, atau potongan buah apel. Caranya adalah potong-potong buah dengan ukuran hampir serupa lalu dinginkan dalam kulkas.

Kemudian untuk dressingnya gunakan yogurt yang dicampur dengan sedikit pemanis seperti madu atau selai buah (stroberi, raspberry, blueberry, nanas).

3. Fruit sorbet

Pertama, haluskan buah yang ingin kamu jadikan sorbet. Misalnya stroberi, mangga, semangka, nanas, dan jenis buah lain yang umum digunakan sebagai sorbet. Haluskan juga bersama buah dan perasan jeruk lemon untuk memberi rasa segar. 

Lalu bekukan dalam freezer, keluarkan setelah membeku. Haluskan kembali, kemudian bekukan kembali. Ulangi proses ini sebanyak tiga kali, dan kamu dapat menyantap sorbet buatan sendiri yang lebih segar dan terasa buahnya.

4. Salad buah dengan jeli

Untuk cemilan ini kamu bisa membuat jelly yang diberi rasa buah leci, semangka, melon, jeruk, atau buah lain yang jadi kesukaanmu. Selain jelly buah, kamu juga bisa menggunakan buah-buah kalengan yang terdiri dari beberapa jenis untuk mempercantik salad buahmu.

5. Fruit cocktail

Cemilan kali ini cara membuatnya sangat mudah namun kamu perlu mempersiapkan semalam sebelumnya agar hasilnya memuaskan. Potongan buah direndam dalam jus buah tanpa ampas. Misalnya jus jeruk, jus apel, jus mangga, atau kombinasi dua buah. 

Rendam potongan buah dalam jus sekitar semalaman dalam kulkas. Buah potong akan memiliki cita rasa dari jus buah yang merendamnya dan tentunya akan lebih segar dan kaya rasa!

Bagaimana?  Menarikkan cemilan sehat yang satu ini? Saat mencoba di rumah jangan lupa untuk memastikan pilihan buahmu segar dan berkualitas agar sajian buah yang kamu buat terasa lebih enak dengan warna yang menarik. Selamat mencoba!(mhi/ri)