PT Elnusa Gelar Kegiatan CSR Demi Wujudkan Pendidikan Inklusif

Foto Kegiatan bertajuk Satu Elnusa Berbagi Ceria (SEBAR) mengadakan salah satu kegiatan melalui “Elnusa Goes to Special School”
Foto Kegiatan bertajuk Satu Elnusa Berbagi Ceria (SEBAR) mengadakan salah satu kegiatan melalui “Elnusa Goes to Special School”

Gemapos.ID (Jakarta) - PT Elnusa Tbk (ELSA) gelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangkaian Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke 53 Perusahaan. 

Kegiatan tersebut, bertajuk Satu Elnusa Berbagi Ceria (SEBAR), dengan mengadakan salah satu kegiatan melalui “Elnusa Goes to Special School” pada Rabu, 31 Agustus 2022 di Sekolah Luar Biasa BC Nur Abadi, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Adapun yang hadir dalam kegiatan SEBAR ini antara lain, Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Ratih Esti Prihatini beserta management Elnusa. Dalam kegiatan melibatkan Perwira Elnusa dari berbagai lintas fungsi dan anak perusahaan sebagai volunteer untuk bermain bersama dan mengadakan kelas inspirasi dengan siswa di SLB BC Nur Abadi.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan oleh Direktur Pengembangan Usaha Ratih, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan simbolisasi bantuan uang tunai dan perlengkapan sekolah yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SLB BC Nur Abadi, Drs. Syam Hartati beserta tenaga pendidiknya.

Dalam sambutannya, Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Ratih Esti Prihatini mengatakan Kegiatan SEBAR ‘Goes to Special School’ ini merupakan rangkaian dan wujud syukur HUT ke-53 Elnusa yang jatuh pada 9 September 2022 mendatang.  

Selain itu, kehadiran Management dan Perwira Elnusa tentunya memiliki misi untuk meningkatkan kualitas hidup dengan pilar Pendidikan. Terlebih bagi Sekolah Luar Biasa yang memiliki anak-anak Spesial untuk dibina.

“Anak-anak spesial ini memiliki mimpi dan cita-cita. Hal itu tentunya dapat kita wujudkan dengan keterlibatan dari berbagai pihak. Jangan sia-siakan mimpi anak-anak ini, karena mimpi mereka pun akan membawa perubahaan untuk hidupnya dan orang terdekatnya.” tambah Ratih.

Perlu diketahui, pendidikan inklusif di Indonesia adalah bentuk perwujudan hak memperoleh pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, agar mendapatkan kehidupan yang layak. 

Hal ini diterapkan oleh Elnusa dalam menjalankan bisnis usahanya untuk memberi kesempatan bekerja bagi penyandang disabilitas, ini  menjadi bukti nyata dukungan dan implementasi aturan perusahaan yang mengacu pada Undang-undang No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SLB BC Nur Abadi, Drs. Syam Hartati pun mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Elnusa yang telah memberikan bantuannya. Tati menambahkan bahwa kehadiran Elnusa di SLB membawa keceriaan bagi para siswa-siswa.

Sementara dalam kegiatan itu, para siswa SLB BC Nur Abadi menampilkan tarian betawi. Selain itu, kegiatan disi dengan kelas inspirasi melalui berbagai macam permainan mulai dari senam bersama, bermain puzzle, dan permainan menarik lainnya yang dibawakan oleh para volunteer Perwira Elnusa dan diikuti 65 siswa berkebutuhan khusus.

Sebagai informasi, Elnusa marupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tegabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Sebagai perusahaan solusi total jasa energy, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa penunjang dan jasa distribusi dan logistik energi. 

Kemudian, Lini jasa hulu migas meliputi jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM). Lini jasa penunjang meliputi jasa marine support, fabrikasi, hingga manajemen data. Lini jasa distribusi dan logistik energi meliputi jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, hingga penjualan chemical. 

Sementara itu kini, Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips, Soco Exploration (Vietnam) Ltd dan lain-lain. Elnusa terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ELSA serta memiliki lima anak perusahaan yang mendukung kompetensinya.(prl/ri)