CSR Indonesia Award 2022 Akan Berikan Penghargaan 10 Kategori Pegiat CSR

Majalah CSR Indonesia, situs berita Csr-Indonesia.com, dan Meprindo Communications akan menggelar ‘CSR Indonesia Award 2022 ke-5’
Majalah CSR Indonesia, situs berita Csr-Indonesia.com, dan Meprindo Communications akan menggelar ‘CSR Indonesia Award 2022 ke-5’

Gemapos.ID (Jakarta) - Majalah CSR Indonesia, situs berita Csr-Indonesia.com, dan Meprindo Communications akan menggelar ‘CSR Indonesia Award 2022 ke-5’ di Kinarsih Resort & Conference yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat pada 21 September 2022.

Penghargaan ini diberikan kepada para pegiat CSR berlatarbelakang pribadi, perusahaan, kementerian, pemerintah provinsi (pemprov), pemerintah kabupaten (pemkab), dan pemerintah kota (pemkot). 

“Sejumlah korporat yang akan terlibat diminta segera mendaftar yang dimulai 9 Maret 2022-15 Agustus 2022 secara administrasi, karena masuk akhir Mei kami sudah melakukan penjurian, tahap penjurian adminstrasi awal adalah yang utama di ajang CSR Indonesia Awards 2022,” kata Ketua Pelaksana CSR Indonesia Award 2022, Aendra Medita di Jakarta pada Selasa (2/8/2022). 

CSR Indonesia Award telah digelar Majalah CSR Indonesia, situs berita Csr-Indonesia.com, dan Meprindo Communications di Jakarta sejak 2017. Kemudian, di Bandung (Jawa Barat), Bali, dan kembali ke Jakarta.

Aendra Medita mengemukakan CSR Indonesia Award adalah ajang yang memiliki reputasi dan eksistensi bergengsi bagi program CSR perusahaan, pemerintah daerah (pemda), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan komunitas.

Bahkan, CSR Indonesia Award memperoleh respon dari publik secara baik.

“Cara sustainability yang dikedepankan dalam setiap program CSR adalah cara yang paling utama,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama Pemimpin Redaksi CSR-Indonesia.com Susi Andrini mengamini penyelenggaraan CSR Indonesia Award 2022 disambut oleh berbagai kalangan terutama perusahaan. 

“Kami juga membuka peluang kerjasama luas atas sejumlah aktivitas program CSR yang telah dijalankan secara  baik dan sukses,” ujarnya. 

CSR Indonesia Award 2022 mengusung tema ‘Reputasi Korporasi dan Tanggungjawab Perusahaan yang Sustainability’. Tema ini dipilih guna merespon periode pemulihan pandemi Covid-19. 

“Aktivitas CSR inilah yang akan kami berikan anugerahnya, terutama bagi yang konsisten dan dilakukan secara sustainable dalam dua tahun terakhir,” tuturnya. 

CSR Indonesia Award 2022 akan memberikan 10 kategori penghargaan yakni Cipta Karsa Mandiri (UMKM), Reka Karsa Lingkungan (Lingkungan), dan Bangun Karsa Rupa Sosial (Sosial).

Kemudian, Didaktikapratama Unggul (Pendidikan), Karsa Budaya Prima, (Budaya), Cipta Guna Sehati (Kesehatan). Gagas Inova Karya (Karya Inovasi Bangsa).

Selanjutnya, Gerak Mandiri Siaga (Sosial/Bencana Alam), Daya Olahkarsa Pratama, (Olahraga), dan Insan Gagas Gemilang (Tokoh Kreatif Mandiri).

CSR Indonesia Award 2022 juga menganugerahi kategori ‘Best of The Best’ yakni pemenang terbaik dari seluruh program yang dilakukannya secara utuh dan berkesinambungan. 

Penghargaan ini bisa diperoleh perusahaan yang melakukan kegiatan CSR secara berkelanjutan minimal selama dua tahun. 

Penjurian CSR Indonesia Award 2022 melibatkan aktivis, akademisi, pengamat, praktisi, dan media. Berikut penjelasan lengkap 10 kategori Indonesia Award 2022

1.Cipta Karsa Mandiri

Bidang CSR yang memberikan karya cipta bagi komunitas, publik, atau masyarakat secara mandiri. Selain itu perusahaan yang mendorong komunitas atau masyarakat menjadi mandiri. 

Kategori ini akan memberikan bagi tiga perusahaan sesuai cara dan pola kerjanya. 

2. Reka Karsa Sosial 

Bidang CSR yang menganugerahi penghargaan kepada suatu pihak yang memberikan bantuan bagi suatu wilayah atau masyarakat secara reguler. Kategori ini akan dianugerahi bagi tiga perusahaan terbaik yang sesuai dengan cara dan pola kerhanya. 

3. Bangun Karsa Rupa

Bidang CSR yang dianugerahi kepada pihak yang memberikan sumbangan atas satu peristiwa bencana alam bagi masyarakat.

Jadi, dia bisa bangkit kembali dan tercipta dari segala ruang rupa kehidupannya kembali normal dan lebih waspada. Kategori ini akan diberikan bagi tiga perusahaan terbaik yang sesuai dengan cara dan pola sesuai kerjanya. 

4. Didaktika Pratama Unggul

Bidang CSR pendidikan yang dianugerahi kepada suatu pihak yang memberikan bantuan langsung kepada masyarakat dalam bidang edukasi. Penghargaan ini bisa diikuti oleh perusahaan atau komunitas atau masyakarat. 

Kategori ini akan diberikan bagi tiga pelaku sosial, philanthropy, komunitas, atau lembaga bantuan khusus bidang edukasi.

5. Karsa Budaya Prima

Bidang CSR budaya yang dianugerahi kepada pihak yang memberikan dukungan konservasi atau  pelestarian alam. Penghargaan ini bisa diperoleh perusahaan atau komunitas masyarakat dan budaya yang akan diberikan bagi tiga pelaku.

 6. Cipta guna Sehati

Bidang CSR kesehatan yang dianugerahi kepada suatu pihak yang memberikan dukungan atau sarana kesehatan gizi dan cara hidup sehat. Penghargaan ini bisa diraih oleh perusahaan atau komunitas masyarakat bagi tiga pelaku.

7.Gagas Inova Karya

Bidang CSR yang menganugerahi kepada para inovator yang mewujudkan karya baru dan original yang bisa diperoleh oleh perusahaan, komunitas, atau masyarakat kreatif bagi tiga pelaku.

8. Gerak Mandiri Siaga

Bidang CSR yang menganugerahi kepada suatu pihak yang memberikan bantuan ke masyarakat secara langsung dan cepat. Kategori ini akan diberikan bagi tiga pelaku sosial, komunitas, atau lembaga bantuan sosial.

 9 Daya Olahkarsa Pratama

Bidang CSR yang menganugerahi kepada suatu pihak yang membina para atlit untuk masa depannya yang diberikan bagi tiga pelaku komunitas atau lembaga bantuan sosial.

 10. Insan Gagas Gemilang

Bidang CSR yang menganugerahi suatu pihak yang menjalankan suatu gagasan yang gemilang yang digunakan berguna bagi masyakatnya dan bangsa yang diberikan bagi tiga  pelaku secara perorangan. (din)