Dikecam Barat, Iran Singgung Kejahatan Israel

Ilustrasi - Serangan Iran ke Israel. (gemapos/detik.com)
Ilustrasi - Serangan Iran ke Israel. (gemapos/detik.com)

Gemapos.ID (Jakarta) - Serangan Iran ke Israel menuai beragam kecaman atas serangannya ke Israel termasuk dari negara-negara Barat. Merespons kecaman itu, Iran justru membalas dengan mengingatkan soal kejahatan perang yang dilakukan Israel.

Untuk diketahui, Iran melakukan serangan udara pada hari Sabtu (13/4) terhadap Israel sebagai pembalasan atas serangan udara tanggal 1 April terhadap fasilitas diplomatiknya di ibukota Suriah. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal penting.

Meskipun Iran mengklaim serangan terhadap sasaran militer tertentu, Israel menegaskan bahwa sebagian besar serangan tersebut digagalkan oleh sistem pertahanan udara, meskipun sebuah rudal memang menyerang pangkalan militer di wilayah selatan.

Atas berbagai kecaman tersebut, Iran tak bergeming dengan kecaman-kecaman dari negara-negara Barat. Iran justru membalas dengan meminta mereka melihat kejahatan perang yang dilakukan Israel.

Dilansir Al Jazeera, Senin (15/4/2024) hal ini disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanani.

"Daripada melontarkan tuduhan terhadap Iran, negara-negara [Barat] harus menyalahkan diri mereka sendiri dan menjawab opini publik atas tindakan yang mereka ambil terhadap... kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel," katanya merujuk pada perang yang dilakukan Israel di Gaza, Palestina.

Kanani mengatakan negara-negara Barat 'harus menghargai sikap Iran yang menahan diri dalam beberapa bulan terakhir'.(ns)